aktivitas

Kapan Sih Bayi Sudah Bisa Tertawa?

Radian Nyi Sukmasari 23 Agu 2017
Bayi tertawa/ Foto: Nurvita Indarini Bayi tertawa/ Foto: Nurvita Indarini
Jakarta - Pasti senang banget ya, Bun, kalau diajak bercanda, bayi bisa merespons dengan tertawa. Tapi, sebelum-sebelumnya si kecil belum tertawa nih kalau kita godain. Sebetulnya, kapan ya bayi udah bisa tertawa?

Kata praktisi yoga tertawa, Emmy Liana Dewi, bayi mulai tertawa pas dia berinteraksi sama orang dewasa. Bayi, kata Emmy bakal mengawali respons tertawanya sama ibu atau orang yang menggantikan ibu, misalnya pengasuh. Nah, bayi tertawa sebagai bentuk ekspresi rasa senang dan gembira pas dia berinteraksi dan berkomunikasi sama orang lain, Bun.

"Tertawa pada bayi terjadi sebelum bayi bisa meracau. Yang perlu diingat, baik bayi maupun orang dewasa tertawa lewat pembelajaran dan kebiasaan dari lingkungannya. Artinya, kalau lingkungannya sering 'ngajak' bayi tertawa, bayi juga akan belajar tertawa sebagai respons rasa gembira. Jadi, respons gembira dalam bentuk tawa bakal jadi habit sampai dewasa," kata Emmy waktu ngobrol sama HaiBunda.

Baca juga: Seperti Ini Lho Prosesnya Mengapa Seseorang Bisa Tertawa

Jangan salah lho, Bun. Emmy bilang, bayi sama orang dewasa yang gampang tertawa bisa lebih sehat. Kenapa? Soalnya, tertawa bisa menghasilkan hormon endorfin yang meningkatkan kekebalan tubuh juga menurunkan hormon stres. Belum lagi tertawa bisa jadi sarana mengolah mental dan mengolah tubuh.

"Dengan kata lain tawa merupakan detoksifikasi tubuh dan pikiran. Pas kita tertawa, kita membuang CO2 lebih banyak dari tubuh dan membuang pikiran negatif plus stres dari pikiran," kata Emmy.

Makanya, Emmy bilang baik bayi maupun orang dewasa, kalau mereka banyak tertawa bakal lebih sehat dibanding sama orang yang jarang tertawa. Sementara, dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya bilang kalau bayi nggak bisa langsung tertawa. Karena, biasanya, bayi akan tersenyum lebih dulu nih, Bun.

"Di usia 6 minggu, bayi akan mulai tersenyum dulu. Tapi pada umumnya, di usia 3-6 bulan, biasanya bayi mulai bisa tertawa spontan. Tawa yang dilakukan bayi menunjukkan dia merasa senang atau nyaman," kata dr Meta dalam wawancara dengan detikHealth.

dr Meta bilang, penyebab bayi tertawa macam-macam, Bun. Sebagian orang tua menganggap wajah-wajah lucu dan candaan mereka yang bikin si kecil tertawa. Tapi, menurut dr Meta, bayi lebih mungkin tertawa karena kondisi atau keadaan di sekitarnya.

Baca juga: Tertawa Dapat Menyembuhkan Sakit Mag (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi