aktivitas

Anak Ngigau, Benarkah Gara-gara Kecapekan?

Radian Nyi Sukmasari 25 Agu 2017
Ilustrasi anak mengigau saat tidur/ Foto: thinkstock Ilustrasi anak mengigau saat tidur/ Foto: thinkstock
Jakarta - Anak mengigau, bisa aja terjadi ya, Bun. Terutama kalau tidur di malam hari. Kadang kala, kita berpikir ngigau terjadi gara-gara dia kecapekan nih.

Ini salah satunya diungkapkan sama Sahabat HaiBunda, Yeni. Ibu tiga anak ini bilang, putra bungsunya kadang suka ngigau pas lagi tidur angler di malam hari. Ngigaunya berupa omongan "Mas, mas ikut. Jangan jangan, ikut." Wah, kenapa tuh?

"Biasanya dia kalau ngigau itu kalau siangnya kecapekan, main atau pas pergi terus capek, ditambah ada sesuatu yang dia ingat. Kayak kalau ditinggal mas-nya (kakaknya) main, dia biasanya ngigau jangan ditinggal gitu," kata Yeni.

Soal mengigau ini, dr Sandra Darmawan SpA dari RS Mayapada Lebak Bulus bilang sebenarnya ini dianggap bukan suatu penyakit yang serius. Tapi, mengigau kata dr Sandra sebetulnya masuk ke gangguan tidur. Bahaya nggak sih, Dok, terutama untuk kesehatan anak-anak?

Baca juga: Kisah Anak dengan Autisme yang Tidak Bisa Tidur Tanpa Anjingnya

"Umumnya sebagian besar nggak punya dampak medis apa-apa kok. Cuma memang ngigau bisa terjadi kalau kita, termasuk anak terlalu capek, banyak pikiran, stres, itu bisa tuh," kata dr Sandra waktu ngobrol sama HaiBunda.

Beda lagi kalau ngigau-nya anak kayak menjerit, ketakutan, dan merasakan terror attack, kata dr Sandra penyebabnya bisa lebih ke psikologis. "Kalau anak ngigaunya ngoceh soal hal yang lucu-lucu atau mainan, nggak apa-apa," ujar dr Sandra.

Dalam wawancara dengan detikHealth, dr Firmansyah SpA dari RS Permata Depok bilang anak yang mengigau di malam hari dengan dia tiba-tiba memukul, menendang, tertawa, takut, teriak, atau ngomong sesuatu, itu sering banget berhubungan sama kegiatan yang dilakukan anak sebelumnya.

"Untuk mengurangi dan mencegah hal ini, yang bisa orang tua lakukan yaitu coba perdengarkan lagu yang tenang untuk anak. Terus, menemani anak tidur sama benda kesukaannya, dikeloni orang tua, atau dibacakan cerita yang menyenangkan," kata dr Sandra.

Kalau si kecil, biasanya ngigau kalau sebelumnya dia ngapain, Bun? Terus, ngigaunya soal apa nih? Yuk berbagi pengalaman Bunda di kolom komentar.

Baca juga: Jangan Ragu, Ini Manfaat Sehat Tidur Singkat di Siang Hari (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi