aktivitas

Sebaiknya Kapan dan Berapa Kali Bersihkan Gusi Bayi?

Radian Nyi Sukmasari 04 Sep 2017
Waktu membersihkan gusi bayi/ Foto: dok.HaiBunda Waktu membersihkan gusi bayi/ Foto: dok.HaiBunda
Jakarta - Saat bayi belum punya gigi dan masih ASI eksklusif, kita perlu mulai menjaga kesehatan mulutnya lho, Bun. Salah satu caranya dengan mulai membersihkan gusi bayi.

Kata drg Andria Diarti SpKGA dari RS Premiere Jatinegara, caranya dengan membersihkan gusi bayi pakai kassa yang dibasahi air hangat. Kalau untuk anak-anak yang udah punya gigi, biasanya kan kita ajari dia sikat gigi dua kali sehari. Kalau bayi, gimana, Dok?

"Dia kan masih minum ASI aja dan belum ada giginya. Sebetulnya kapan aja bisa dibersihkannya. Cuma, yang kita tanamkan adalah membiasakan anak tahu kalau ada ritual bersihin mulut nih, jadi lakukan dua kali sehari, kayak menyikat gigi," kata drg Andria.

Untuk waktunya, Bunda bisa pilih waktu kayak kita menyikat gigi, Bun. Misalnya pagi setelah sarapan dan sebelum tidur. Kata drg Andria, yang diharapkan dari menanamkan kebiasaan ini adalah supaya anak terbiasa menjaga oral hygiene saat sudah punya gigi dan dia sudah besar.

Di sela-sela Forum Ngobras 'Plus Minus Baby Led Weaning' di Cerita Kopi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (4/9/2017), drg Andria mengingatkan orang tua supaya nggak lupa membersihkan lidah bayi. Sama kayak gusi, cukup kita bersihkan pakai kassa yang dibasahi air hangat ya.

Baca juga: Trik Nyaman Menyusui Saat Bayi Mulai Tumbuh Gigi dan Suka Menggigit Puting

Ini karena lidah juga bisa jadi sarang bakteri. Jadi, kalau cuma gusi bayi yang dibersihkan, tapi lidah nggak, bakteri masih bisa tumbuh subur di mulut bayi, Bun. Memang, menanamkan kebiasaan ini nggak mudah ya, apalagi kalau anak habis nyusu langsung tidur, bisa-bisa dia rewel.

Tapi, drg Andria menekankan, apa yang kita lakukan sekarang secara konsisten, bisa bikin anak terbiasa menjaga kesehatan gigi dan mulutnya kok. Jadi, pas sudah agak besar, nggak perlu ada drama berlebihan nih kalau kita mau nyuruh anak sikat gigi.

"Jadi nanti kalau udah besar anak udah biasa pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur ada nih ritual yang mesti dia lakukan. Kalau dari bayi udah dibiasakan, kitanya juga lebih enak," kata drg Andria.

Baca juga: Usia Berapa Bayi Biasanya Mulai Memiliki Gigi Pertamanya? (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi