parenting

Konsumsi Antibiotik Tertentu Bisa Bikin Gigi Anak Kehitaman

Melly Febrida Sabtu, 13 Apr 2019 14:32 WIB
Konsumsi Antibiotik Tertentu Bisa Bikin Gigi Anak Kehitaman
Jakarta - Si kecil pernah bertanya kenapa warna giginya berbeda dengan temannya? Memang warna gigi seseorang beragam. Namun, pada anak gigi bisa berwarna kehitaman karena penggunaan antibiotik.

Pada dasarnya, warna gigi yang putih kekuningan masih normal, Bun. Tapi, kalau warnanya sudah kecokelatan atau abu-abu, bisa jadi karena efek konsumsi antibiotik. drg.Pramono Rendro Pangarso, M.Kes dalam bukunya Tubuh Sehat, Giginya? menjelaskan warna normal gigi sulung yaitu putih kebiru-biruan. Sedangkan, warna normal gigi permanen adalah kuning keabuan, putih keabuan, atau putih kekuningan.

"Warna gigi ditentukan translusensi (derajat tembus cahaya) dan ketebalan email gigi, ketebalan dan warna dentin yang melapisi bagian bawah gigi, dan warna rongga gigi. Tapi, jika kebanyakan mengonsumsi obat selama masa pertumbuhan gigi, warna gigi bisa berubah," papar Pramono.



Obat yang dimaksud adalah jenis antibiotik tetrasiklin. Karena itu, Promono mengingatkan agar ibu hamil, ibu menyusui, dan anak yang usianya di bawah 7 tahun tidak mengonsumsi antibiotik tetrasiklin.

Foto: iStock
"Sebab, pada masa tersebut sedang berlangsung proses pembentukan gigi," katanya.

Antibiotik tetrasiklin biasanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit akibat bakteri seperti radang tenggorokan, diare, dan infeksi lainnya. Pramono menjelaskan, tetrasiklin bisa mengganggu warna gigi karena terikat dengan komponen kalsium pada email dan dentin pada saat permukaan gigi.



Beberapa waktu lalu, drg.Bambang Nursasongko, SpKG, menjelaskan bahwa tetrasiklin dapat menyebabkan perubahan warna gigi karena terdeposit dalam jaringan gigi. Sehingga, gigi anak menjadi hitam. Jadi, jangan salah sangka jika gigi anak kehitaman karena kesehatan dan kebersihan giginya tak terjaga, Bun. Sebab, kondisi itu bisa terjadi akibat penggunaan antibiotik.

"Tapi ingat, gigi hitam itu bukan membusuk. Kalau gigi membusuk, pulpanya (bagian tengah gigi yang terdiri dari jaringan ikat serta sel-sel yang disebut odontoblas) itu mati, jadi bikin berlubang dan sarafnya ikut mati dan membuat kuman masuk," kata Bambang.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak, kapan waktu tepat mengajak mereka ke dokter gigi? Simak di video berikut yuk, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi