aktivitas

Manfaat Main 'Sembunyikan Mainan' Bersama Anak

Radian Nyi Sukmasari 12 Mar 2018
Manfaat Main Sembunyikan Mainan Bersama Anak/ Foto: thinkstock Manfaat Main 'Sembunyikan Mainan' Bersama Anak/ Foto: thinkstock
Jakarta - Siapa bilang di rumah kita nggak bisa melakukan permainan bareng anak yang menyenangkan, Bun? Kalau mau sesuatu yang berbeda, coba deh sesekali ajak si kecil main sembunyikan mainan di rumah. Nggak ribet kok. Kita hanya perlu beberapa mainan anak aja.

Seperti namanya, sembunyikan mainan berarti kita gantian 'jaga' siapa yang menutup mata selama si penyembunyi menyembunyikan mainan. Atau, bisa juga kita pakai kartu UNO misalnya lalu disebar di beberapa sudut tersembunyi di rumah dan ajak seluruh anggota keluarga mencarinya. Jadi, semacam mencari jejak gitu, Bun. Terdengar simpel sih, tapi tahu nggak manfaat yang didapat anak ketika dia main sembunyikan mainan?

"Dengan permainan ini kita membiarkan anak menggunakan kreativitasnya sambil mengembangkan imajinasi, ketangkasan, kekuatan fisik, koginitif, dan emosional mereka," kata Dr Kimberley O'Brien, psikolog anak di Quirky Kid Clinic.

Nah, kata Kimberley ini dia manfaat yang bisa didapat anak dengan bermain sembunyikan mainan, Bun:

1. Melatih Memori Anak

Setelah menaruh sesuatu di tempat tersembunyi pastinya kita butuh mengingat lagi untuk menemukan kembali benda itu kan, Bun? Nah, dengan main menyembunyikan mainan, saat anak jadi si penyembunyi dia secara nggak langsung juga melatih ingatannya: di mana ya tadi aku menyembunyikan mainanku?

Selain itu, kata Kimberley anak juga bisa belajar lapang dada dan menerima 'kekalahan' ketika mainan yang disembunyikan bunda atau ayahnya ternyata nggak bisa dia temukan atau justru ditemukan saudaranya.



2. Beri Anak Kesempatan Mengambil Kontrol

Ketika tiba giliran anak jadi si penyembunyi mainan, secara nggak langsung mereka sedang punya kekuatan untuk mengontrol lingkungannya lho, Bun. Kata Kimberley, ini bagus banget buat perkembangan diri anak terutama rasa percaya diri dan potensi kepemimpinan yang ada di diri anak. Bahkan ketika kita hanya menutup mata lima menit, itu udah berarti banget buat anak. Terlebih balita di mana pada usia tersebut mereka lagi belajar mengontrol lingkungan sekitarnya.

"Saat punya kontrol sudah pasti anak layaknya bos. Dia sedang tidak dikontrol orang dewasa di sekitarnya dan pengalaman ini penting buat anak dalam mengembangkan identitas mereka serta mereka bisa belajar menavigasi dunianya secara mandiri," tutur Kimberley kepada Essential Baby.

3. Mengasah Kemampuan Otak dan Ajak Anak Bergerak

Menentukan di mana tempat menyembunyikan mainan pastinya butuh akal anak ya. Nah, menyembunyikan mainan secara nggak langsung bisa mengasah kemampuan otak anak. Bahkan, ketika berpikir out of the box, bukan nggak mungkin anak akan menyembunyikan mainan tersebut di tempat yang nggak terkira oleh orang dewasa.

Selain itu, mencari atau menyembunyikan mainan juga 'memaksa' anak untuk bergerak. Sehingga, nggak diragukan lagi permainan ini juga bisa mengajak anak aktif bergerak.

Manfaat Main 'Sembunyikan Mainan' Bersama AnakManfaat Main 'Sembunyikan Mainan' Bersama Anak/ Foto: thinkstock


4. Melatih Anak Terpisah dengan Aman dari Orang Tuanya

Gelisah karena terpisah dari orang tua lumrah dialami anak. Nah, lewat permainan ini kita juga bisa melatih anak untuk berpisah dengan orang tuanya. Ya, walaupun area dan jaraknya masih terbatas ya, Bun. Tapi senggaknya anak udah pernah nih 'berjalan sendiri' tanpa bunda atau ayahnya di sisinya ketika mereka mencari mainan tersebut. Kimberley menambahkan, anak juga bisa belajar bekerja sama ketika mereka mencari mainan yang disembunyikan bersama saudaranya.

5. Jadi Sarana Belajar Anak

Anak main sembunyikan mainan sambil belajar? Bisa banget lho, Bun. Kimberley mencontohkan saat anak diberi benda berukuran agak besar, pasti mereka nggak bisa sembarangan cari tempat persembunyian karena kalau kekecilan mainannya nggak muat untuk disembunyikan. Sehingga, anak perlu mencari inisiatif di mana mereka bisa menyembunyikan mainan tersebut. Secara nggak langsung anak juga bisa belajar ukuran dan ruang lho.

Gimana Bunda dan Ayah? Tertarik mengajak si kecil main sembunyikan mainan? Tunggu apa lagi, tentukan mainan yang akan disembunyikan dan tentukan giliran si penyembunyi dan yang jaga ya. Selamat bersenang-senang!

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi