sign up SIGN UP search


parenting

4 Ide Mainan Alat Musik untuk Balita, Bisa Dibuat di Rumah

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 05 Dec 2019 15:40 WIB
Anak-anak pasti suka musik. Kalau ada waktu luang, Bunda bisa mencoba membuat alat musik buat si kecil yang berusia balita. caption
Jakarta - Bukan rahasia lagi kalau anak-anak, terutama balita suka dengan musik. Saat mendengar musik, mereka bisa penasaran, happy, bahkan menggerakkan badannya. Ih gemas!

Studi menunjukkan, berlatih musik bisa mengubah struktur otak dan membuat fungsi otak lebih baik. Enggak cuma itu, main musik juga bisa menambah kemampuan memori jangka panjang dan membuat perkembangan otak lebih baik.


"Lebih lanjut, musisi diketahui lebih waspada secara mental. Semakin banyak kita tahu efek musik untuk dasar proses sensori, semakin banyak kita bisa menerapkan latihan musik untuk anak yang cenderung lebih lambat dalam merespons sesuatu," kata ketua studi, Simon Landry, dikutip dari Inc.


Kalau Bunda ingin membeli mainan berupa alat musik buat anak, Bunda bisa membuatnya sendiri di rumah. Dilansir Family Education, berikut 4 mainan berupa alat musik yang bisa dibuat sendiri di rumah.

ilustrasi mainan anakilustrasi mainan anak/ Foto: iStock
1. Gendang mini

Bahan yang diperlukan karet gelang, karton gulungan tisu, dan plastik atau balon. Kemudian, menggunakan karet, tutup satu lubang tisu dengan plastik atau balon yang sudah digunting.

2. Xylophone air

Bunda hanya butuh gelas berkaki, air, dan beberapa pewarna. Misalnya pakai 5 gelas, isi masing-masing dengan air yang memiliki tinggi berbeda. Kemudian, Bunda bisa memukulnya dengan sumpit.

3. Marakas

Si kecil punya mainan berupa telur plastik yang bisa dibuka? Bunda bisa menjadikannya marakas. Isi telur mainan dengan beras, pasir, kacang, atau manik-manik. Kemudian, bolongi salah satu ujung telur mainan dan tusukkan sumpit untuk digunakan sebagai pegangan.

4. Gitar kardus sepatu

Lem kardus sepatu agar wadah dan tutupnya melekat. Kemudian, bolongi bagian tengah sepatu dengan pola lingkaran. Kemudian, pasang karet gelang yang diregangkan di masing-masing ujung lingkaran.

Simak manfaat senam untuk anak di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

Simak cerita bonus ART Sandra Dewi yang wow dengan klik banner berikut.

4 Ide Mainan Alat Musik untuk Balita, Bisa Dibuat di Rumah
(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi