aktivitas

Anak Seusia Pangeran George Main Pistol-pistolan, Yes or No?

Asri Ediyati 12 Jun 2018
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
London, Inggris - Pada hari Minggu (10/6) diberitakan keluarga Kerajaan Inggris menghadiri the Maserati Royal Charity Polo Trophy di Beaufort Polo Club, Tetbury, Gloucestershire. Di sela-sela acara, ada yang menarik perhatian media, Bun. Ya, siapa lagi kalau bukan Pangeran George dan Putri Charlotte. Tampak keduanya bermain dengan ceria di lapangan yang cukup panas itu.

Beberapa foto yang dirilis di media sosial, George terlihat bermain dengan mainan pistol, pisau, dan alat borgol. Sebagian warganet menganggap hal itu terlihat lucu dan mengaitkan kemungkinan kelak George menjadi seorang polisi. Akan tetapi, warganet lain sangat menyayangkan George bermain pistol-pistolan.

"Sedih melihat George bermain dengan pistol-pistolan, saat negara memiliki banyak kasus kriminal yang melibatkan senjata," tulis seorang warganet dikutip dari Independent.



Ada juga yang berpikir bahwa usia Pangeran George itu masih sensitif, karena itu lebih baik ia bermain dengan mobil-mobilan atau bola. Sedangkan pihak yang pro menganggap George hanyalah anak-anak biasa.

"Tak percaya bahwa orang-orang berpikiran terlalu jauh pada George yang bermain pistol-pistolan dan alat borgol," tulis warganet yang pro.

Kemudian ada yang menambahkan, "Dia (Pangeran George) itu sama seperti anak-anak yang bermain polisi dan perampok! Orang-orang ini sangat mendramatisir,".

Ya, kita memang sering melihat anak bermain pistol-pistolan. Soal ini memang menuai perdebatan, Bun. Ada orang tua yang sama sekali nggak mengizinkan anaknya bermain pistol-pistolan. Tapi ada pula orang tua yang tidak mempermasalahkan mainan ini.

[Gambas:Instagram]



Nah, di sisi yang paling netral, para ahli menjelaskan bahwa bermain pistol-pistolan itu termasuk mainan yang mengasah kreativitas dan bahkan bisa membantu perkembangan anak.

"Saya paham kenapa pistol-pistolan mengkhawatirkan orang tua. Namun, riset menunjukkan bahwa agresi yang muncul saat bermain perang-perangan tidak akan terbawa ke kehidupan nyata," kata Sarah Ockwell-Smith, ahli parenting dan penulis buku 'The Gentle Discipline Book.



Sarah menambahkan, sebagai contoh anak yang bermain pistol-pistolan bisa saja nggak lebih kasar dibandingkan anak yang nggak bermain pistol-pistolan.

Sementara itu, terapis main, Dr Nick Conett dari Arkansas bilang bahkan bermain senjata termasuk pedang-pedangan dari gabus bisa melepas energi bermain anak secara sehat. Selain itu senjata-senjata mainan itu juga nggak menimbulkan kerusakan. Demikian dikutip dari Fatherly.

Malah pendapat lain mengatakan lebih berbahaya anak yang nggak main pistol-pistolan tapi sering menonton adegan kekerasan melalui tayangan film. Apapun itu, penjelasan kepada anak penting banget sih, agar mereka juga nggak salah kaprah dengan mainan senjata yang mereka miliki.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi