aktivitas

Memanfaatkan Kardus Bekas untuk Mainan Anak

Nurvita Indarini Kamis, 09 Agu 2018 - 11.32 WIB
Mainan dari kardus/ Foto: Amelia Sewaka Mainan dari kardus/ Foto: Amelia Sewaka
Jakarta - Kardus yang tidak terpakai memang bisa jadi sampah. Tapi kita bisa lho memanfaatkan kardus untuk dibuat mainan anak.

HaiBunda sudah beberapa kali mencoba membuat mainan anak dari bahan kardus. Murah-meriah dan pastinya bikin anak happy.

Nah, berikut ini beberapa ide mainan dari kardus yang bisa dibuat bersama anak di rumah:

1. Marble Maze

Marble maze, mainan anak dari kardus/Marble maze, mainan anak dari kardus/ Foto: dok HaiBunda


Gampang banget nih kalau Bunda ingin bikin marble maze dari kardus. Cukup ambil tutup kotak sepatu, lalu tempel dengan kertas HVS yang sudah dilukis, selanjutnya tempelkan sedotan mengikuti pola yang kita buat.

Taraaa! Jadilah marble maze sederhana yang asyik untuk dimainkan. Gunakan sebutir kelereng, lalu gerakkan ke sana ke mari untuk memainkannya.

2. Akuarium Kardus

Akuarium, mainan dari kardus/Akuarium, mainan dari kardus/ Foto: dok HaiBunda


Punya kardus bekas sereal di rumah, Bun? Jangan dibuang dulu, karena kita bisa bikin akuarium dari kardus.

Caranya gampang, buka kardus, lalu lipat dan lem kembali ke arah sebaliknya sehingga bagian dalam kardus jadi bagian luar. Selanjutnya gunting salah satu sisi kardus, menyerupai jendela besar.



Tempel kertas warna biru atau yang bermotif air di sisi bagian dalam kardus. Selanjutnya bikin ikan dari kertas lain, gunting mengikuti pola ikan, dan tempel ke kertas panjang dengan lebar sekitar 1 cm. Kaitkan kertas panjang itu di bagian atas kardus. Nah, ikan bisa berjalan hilir mudik jika kertas panjangnya digeser-geser.

3. Tempat parkir

Mainan dari kardus/Mainan dari kardus/ Foto: dok HaiBunda


Kardus bekas susu UHT juga bisa dijadikan tempat parkir mainan nih, Bun. Caranya cukup bagi dia kardus, kemudian kita gambar garis-garis seperti di tempat parkir.

Kita bisa bikin juga tempat parkirnya bertingkat, Bun. Kalau bertingkat, berarti harus ada jalan tanjakannya. Jalan tanjakan ini juga dibuat dari potongan kardus. Hmm, si kecil pasti menikmati main pura-pura seperti ini.

4. Boneka Kardus

Mainan kardus/Mainan kardus/ Foto: dok HaiBunda


Kardus juga bisa dijadikan boneka buat si kecil. Caranya ambil satu kardus yang agak besar, lalu gambar wajah di salah satu sisinya, dan lubangi bagian mulut mulutnya.



Si kecil bisa menyuapi boneka kardusnya nih, Bun, dengan pompom yang dia miliki. Kegiatan ini bisa melatih motorik halusnya juga lho.

5. Lubang Angka

Mainan kardus/Mainan kardus/ Foto: dok HaiBunda


Belajar berhitung dengan cara menyenangkan menggunakan kardus bekas bisa banget lho, Bun. Caranya hanya menggambar di salah satu sisi kardus dengan gambar yang disukai anak, misalnya gambar mobil.

Kemudian kita buat lubang kecil-kecil seukuran pompom di gambar mobil yang kita buat. Di tiap lubang diberi angka ya, Bun. Nah, kita bisa minta si kecil memasukkan pompom ke lubang yang ada, jumlahnya berdasarkan angka yang tertera. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi