sign up SIGN UP search


parenting

Cegah Corona Bukan Hanya Cuci Tangan, Mainan Bayi pun Wajib Dicuci

Zika Zakiya Sabtu, 02 May 2020 14:04 WIB
Baby girl playing on the floor with plastic educational   cups, early learning concept Ilustrasi mainan bayi/Foto: iStock
Jakarta - Virus Corona belum selesai mewabah, Bun. Hingga, Sabtu (2/5/2020), korban positif virus Corona mencapai lebih dari 10 ribu jiwa.

Seperti sudah disampaikan Pemerintah dan WHO, salah satu bentuk pencegahanĀ virus Corona adalah dengan rajin mencuci tangan dan tidak menyentuh wajah.

Tapi, bagaimana cara menyampaikan ini pada anak di bawah usia tiga tahun? Tentunya adalah tugas Bunda untuk menjaga kesehatan diri dan barang-barang di sekitar si kecil.



Dikatakan Prof. DR. dr. Rini Sekartini, Sp.A(K) selaku Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia Jaya (IDAI) bahwa bukan hanya tangan anak yang harus rajin dicuci, tapi juga mainannya. Sebab, mainan, bersama dengan dot dan botol susu, merupakan benda yang sering menyentuh mulut bayi.

"Selain mengganggu pencernaan, benda yang menyentuh mulut bayi dapat memudahkan jamur tumbuh di rongga mulut, sehingga menyebabkan gejala sariawan," ujar dr.Rini dalam rilis 'Baby HUKI Liquid Cleanser Teruji Secara Klinis Lindungi Bayi dari Virus dan Bakteri Jahat' yang diterima redaksi HaiBunda, Mei 2020.

Ilustrasi mainan bayiIlustrasi mainan bayi/ Foto: iStock

"Untuk itu sebaiknya dot, botol, perlengkapan makanan bayi maupun mainan harus segera dibersihkan agar virus dan jamur tidak menempel. Disarankan mencuci buah, sayur, peralatan dan mainan bayi dengan sabun dan air yang mengalir, jangan hanya merendamnya," tegasnya.


Zat terpenting dalam sabun pembersih perlengkapanĀ bayi adalah anti-bakteri yang bisa membunuh E.coli dan S.aureus. Selain itu, wajib juga diimbangi dengan perilaku hidup sehat sejak dini. Menurut Business Unit Director Baby HUKI Franciska P Julia, hidup sehat tersebut bisa berupa olahraga dan makanan bergizi.

"Seperti juga mengajak Si Kecil berolahraga sambil berjemur matahari, serta memberikan buah dan makanan bergizi. Jangan lupa untuk mencuci
buah dan sayur dengan Baby HUKI Liquid Cleanser dan air mengalir untuk menghilangkan virus dan bakteri agar Si Kecil tetap terlindungi," jelas Franciska.

Jadi, mulai sekarang jangan lupa mencuci mainan anak ya, Bun. Simak juga mengenai Fakta dan Data Corona dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi