aktivitas

Titi Kamal Berbagi 5 Tips Bepergian Jauh dengan Anak

Asri Ediyati Jumat, 19 Okt 2018 - 11.59 WIB
Titi Kamal Berbagi 5 Tips Bepergian Jauh dengan Anak/ Foto: (titi_kamall/Instagram) Titi Kamal Berbagi 5 Tips Bepergian Jauh dengan Anak/ Foto: (titi_kamall/Instagram)
Jakarta - Berpergian dengan anak nggak semudah yang dibayangkan. Banyak kejadian tak terduga muncul begitu saja. Beberapa waktu lalu, aktris Titi Kamal beserta keluarganya liburan ke Amerika Serikat. Tentunya ada beberapa hal yang Titi dan suaminya, Christian Sugiono persiapkan sebelum berangkat.

"Kalau berpergian, kita jarang bawa pengasuh. Biasanya aku sama Tian yang urus anak sendiri," ujar Titi di SD Negeri 05 Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Apa saja ya tips ala Titi Kamal ketika bepergian jauh dengan anak? Berikut lima tipsnya, Bun.

1. Suami istri saling kooperatif

Kata Titi Kamal, selama di AS, sang suami kooperatif dalam mengurus segalanya termasuk anak. Memang, nggak cuma di rumah saja tapi bepergian apalagi tanpa pengasuh ego kita harus dibuang jauh-jauh, Bun. Selain itu jika suami istri saling kooperatif seperti Titi dan Tian, masalah bisa langsung diselesaikan.

2. Tidur anak harus cukup

Jika bepergian jauh apalagi beda benua, pasti kita akan mengalami jet lag karena perbedaan waktu. Untuk itu sebisa mungkin waktu tidur anak termasuk orang tua harus cukup. Jika tidur anak tak cukup, pastinya anak akan rewel dan perjalanan menjadi terganggu, Bun.

3. Itinerary yang ramah anak

Titi Kamal bilang, itinerary yang ramah anak itu perlu disiapkan jauh-jauh hari ketika masih di rumah. Itinerary ramah anak yang dimaksud jadi kita akan mengunjungi tempat-tempat yang ramah anak. Tentunya, membuat si kecil nyaman saat melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnnya.


Titi Kamal Berbagi 5 Tips Bepergian Jauh dengan AnakTiti Kamal Berbagi 5 Tips Bepergian Jauh dengan Anak/ Foto: (titi_kamall/Instagram)


4. Minum air putih

"Anak-anak selalu diusahakan untuk minum air putih yang cukup ketika berpergian," kata Titi. Nah, tips yang satu ini terkesan sepele, namun ternyata penting banget, lho. Selama perjalanan tentu tubuh kita apalagi anak membutuhkan banyak mineral, jika kekurangan pastinya badan menjadi lesu.

5. Selalu menjaga kebersihan

Titi selalu mengupayakan kebersihan tubuh anggota keluarganya. Hal ini karena kebersihan pangkal kesehatan, Bun. Jika kita dan anak selalu menjaga kebersihan maka akan terlindung dari penyakit.

"Aku selalu menjaga kebersihan tubuh anak-anak. Alhamdulillah kemarin waktu liburan anak-anak nggak ada yang sakit," tutup Titi Kamal.

Memang bepergian jauh dengan pesawat dengan mengajak anak harus dipikirkan matang-matang, Bun. Marlyn Cecilia Malonda SpA dari RS Mayapada Tangerang mengatakan anak diajak jalah jauh dengan naik pesawat disaranin saat umurnya 3 bulan ke atas. Sebab pada umur segitu, daya tahan tubuh anak-anak sudah lebih baik.

dr Marlyn menambahkan, kalau anak demam juga jangan diajak pergi. Sebab selama dalam perjalanan, terlebih yang jaraknya cukup jauh belum tentu ada RS yang bisa dikunjungi.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi