aktivitas

4 Fakta Penyelam Seperti Syachrul Anto yang Bisa Anak Tahu

Siti Hafadzoh Sabtu, 03 Nov 2018 - 13.36 WIB
Penyelam Syachrul Anto (dua dari kanan)/ Dok Indonesia Rescue Diver Team Penyelam Syachrul Anto (dua dari kanan)/ Dok Indonesia Rescue Diver Team
Jakarta -

Baru-baru ini, ada kabar duka yakni seorang penyelam bernama Syachrul Anto gugur dalam pencarian korban pesawat jatuh Lion Air JT 610. Dikutip dari detikcom, Syachrul diketahui meninggal dunia pada Jumat (2/11). Dia sempat dibawa ke RSUD Koja. Tapi, sesampainya di rumah sakit, Syachrul sudah tidak sadarkan diri.

Ketika ada peristiwa seperti ini, beberapa anak bisa jadi bertanya tentang profesi penyelam. Misalnya 'apa itu penyelam? dan alat apa saja yang mereka bawa.' Nah, Bunda perlu tahu nih fakta-fakta tentang penyelam seperti Syachrul Anto yang bisa dijelaskan ke anak secara sederhana.

1. Penyelam jenis SCUBA diving

Dikutip dari Kinooze, SCUBA adalah singkatan dari Self-Contained Underwater Breathing Apparatus. Artinya, penyelam nggak cuma pakai peralatan selam sederhana seperti snorkeling. Mereka butuh peralatan-peralatan khusus yang memungkinkan untuk bertahan di dalam air.



2. Fungsi scuba diving

Scuba diving biasanya dilakukan oleh para ilmuan untuk mengeksplorasi dan mengumpulkan informasi mengenai kondisi bawah laut. Para pencari harta karun juga melakukan scuba diving lho, Bun untuk mencari harta karun di dalam laut. Nah, kalau kasus di Indonesia, scuba diving bisa digunakan untuk mencari korban pesawat jatuh seperti yang dilakukan penyelam Syachrul Anto.

ilustrasi penyelamilustrasi penyelam/ Foto: (Andri Pranata Kusuma/d'Traveler)
3. Peralatan scuba diving

Penyelam scuba butuh peralatan agar bisa menyelam dalam waktu yang lama. Dilansir Kids Kiddle, berikut beberapa alat yang dibutuhkan penyelam scuba:

- Tangki udara
Penyelam menggunakan udara khusus yang mengandung lebih banyak oksigen dan nitrogen untuk menghindari risiko dekompresi.

- Buoyancy Compensator Devices (BCD)
Alat ini dapat mengontrol penyelam untuk mengapung dan tenggelam. Penyelam juga bisa menambahkan beban supaya bisa mengapung di kedalaman yang mereka inginkan.

- Regulator
Penyelam menggunakan regulator untuk menghirup udara di tangki. Regulator juga berfungsi menyesuaikan tekanan udara yang ada di tangki dengan kondisi air di sekitar penyelam. Sehingga, penyelam seperti Syachrul Anto dapat bernapas dengan mudah dalam situasi apapun.

- Alat snorkeling
Pnyelam menggunakan masker untuk melihat-lihat kondisi bawah laut secara leluasa. Mereka juga menggunakan snorkel untuk bernapas di permukaan laut, menggunakan sirip di kaki supaya bisa berenang dengan baik, dan menggunakan baju selam agar tubuh tetap hangat di bawah laut.

4. Sertifikat penyelam

Kehabisan udara di bawah laut bisa sangat berbahaya. Makanya, penyelam harus mengikuti kelas profesional dan mendapat sertifikat untuk bisa melakukan scuba diving. Jadi, nggak sembarang orang bisa melakukan ini, Bun. Banyak organisasi selam profesional yang bisa diikuti.

Nah, dengan 4 fakta tentang penyelam seperti Syachrul Anto, pengetahuan anak tentang penyelam bisa bertambah. Kalau anak ingin mengetahui pengalaman menyelam, Bunda bisa mengarahkan mereka mencoba menyelam. Biasanya, tempat-tempat wisata laut punya kelas kursus singkat untuk menyelam di laut dangkal. Atau jika si kecil tertarik untuk jadi penyelam saat besar nanti, kenapa nggak, Bun?

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait
Rekomendasi