aktivitas

NH Dini dalam Ingatan, 3 Semangat Hidupnya yang Jadi Teladan

Amelia Sewaka Rabu, 05 Des 2018 - 15.13 WIB
Foto: Silvia Galikano/CNN Foto: Silvia Galikano/CNN
Jakarta - Sastrawan dan novelis NH Dini meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan di Semarang, Selasa (4/12/2018). Wanita bernama lengkap Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin ini meninggal di usia 82 tahun.

Dilaporkan CNN Indonesia, dikutip dari dokumen NH Dini di Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, sastrawan kelahiran Semarang 29 Februari 1936 ini mengaku dirinya mulai menulis syair dan sajak pada usia sembilan tahun.

Mulanya, tulisan Dini ditujukan pada sang kakak. Sedikit demi sedikit, tulisannya meluas mengenai keadaan sekeliling rumah serta lingkungan pergaulan. Dini menulis berbagai genre sastra, yaitu puisi, drama, cerita pendek, dan novel, tetapi dia lebih dikenal sebagai novelis yang kebanyakan karyanya menggunakan latar luar negeri.

Perjalanan hidup NH Dini meninggalkan kesan mendalam dan teladan yang patut dicontoh generasi muda, termasuk anak-anak. Dini selalu bersemangat menjalani hidup, tetap produktif berkarya meski mengidap osteoarthritis (penyakit sendi) dan vertigo.

Nah, berikut tiga sikap panutan dari sastrawan tiga zaman NH Dini, yang bisa kita ajarkan atau tanamkan pada anak. Cek halaman selanjutnya ya Bunda.

(aml/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi