aktivitas

3 Nilai Positif Bisa Dipelajari Anak dari Film 'The Lego Movie 2'

Annisa Karnesyia Minggu, 03 Feb 2019 - 20.12 WIB
The Lego Movie 2/ Foto: Lego The Lego Movie 2/ Foto: Lego
Jakarta - Pada 8 Februari nanti, Warner Bros Pictures akan merilis film animasi The Lego Movie 2 di Indonesia. Cocok lho Bun, buat mengisi akhir pekan bersama suami dan anak-anak.

Film The Lego Movie 2 ini masih menceritakan Emmet dan teman-temannya. Kali ini, Emmet, Lucy, Batman dan teman-temannya berpetualang ke tempat aneh bernama Apocalypseburg, lalu ke galaksi Systar System dan tempat paling membahagiakan, Harmony Town.

Di Harmony Town, suasananya begitu menyenangkan karena semua orang suka bernyanyi dan menari di mana saja. Bahkan, kalau mendengar lagu Everything Is Awesome di film ini, penonton bisa ikut bersenandung.

Nah, petualangan Emmet dimulai saat kehilangan teman-temannya dan kemudian bertemu Rex Dangervest. Rex menemani Emmet mencari teman-temannya, yang diyakini sudah dicuci otaknya oleh Ratu Harmony Town bernama Watevra Wa' Nabbi.


Wah, ceritanya makin seru nih, Bun. Dari film The Lego Movie 2 ini, ternyata banyak hal positif yang menarik untuk diajarkan pada anak-anak. Simak ya, Bunda.

1. Percaya diri

Tokoh utama di film ini, Emmet, digambarkan tidak percaya diri. Ia merasa dirinya penakut, suka bertindak bodoh dan terlalu polos.

Hal ini membuat Emmet mau melakukan apapun untuk menjadi kuat dan terlihat pintar. Termasuk percaya apapun yang dikatakan teman barunya, Rex. Tapi untunglah, Emmet berhasil sadar kalau dia harus menerima diri sendiri apa adanya.

Margarita Tartakovsky, M.S, pemerhati psikologi kepribadian dalam bukunya The Courage to Trust: A Guide to Building Deep and Lasting Relationships, mengatakan bahwa orang pertama yang harus dipercaya adalah diri sendiri. Kita yang paling mengerti dengan diri sendiri.

Menurut Margarita, berbuat baiklah pada diri sendiri karena itu akan meningkatkan rasa kepercayaan diri dan mengurangi keinginan untuk harus diterima oleh orang lain.

"Mencintai dan menerima diri sendiri tidak hanya meningkatkan rasa percaya diri, tapi juga memperdalam hubungan dengan orang lain," tutur Margarita, dikutip dari Psych Central.


Emmet The Lego Movie 2/ Emmet The Lego Movie 2/ Foto: Lego
2. Persahabatan

Persahabatan Emmet dan Lucy diuji dalam film ini. Emmet tidak mempercayai Lucy dan teman-temannya yang lain. Emmet menganggap mereka telah berubah karena sudah dicuci otaknya oleh Watevra. Akibatnya, teman-teman dan dunia lego hancur.

Dilansir Psychology Today, persahabatan yang kuat merupakan aspek penting pada emosi seseorang. Apalagi kalau persahabatan itu dimulai sejak anak-anak, Bun. Ini akan mengurangi rasa kesepian, kekhawatiran dan baik untuk kesehatan fisik. Wah, menarik ya, Bun.

Nah, yang paling penting dalam sebuah persahabatan itu adalah kepercayaan.

"Kepercayaan adalah hal penting untuk menciptakan persahabatan yang solid. Sahabat akan selalu mendengar ceritamu dan jujur," ungkap Irene S. Levine, dikutip dari Psychology Today.

3. Jangan mudah menyerah

Saat dunia lego hancur dan masuk dalam kotak neraka, semua lego menyerah dengan keadaan. Mereka pasrah dan pesimistis bisa kembali lagi seperti semula. Tapi, Lucy yang terjebak di kotak neraka berusaha membangkitkan kepercayaan diri teman-temannya.

Menurut Glenn Geher, Ph.D, psikolog dari State University of New York, yakinlah kalau kita pasti bisa melakukan hal yang sulit. Ini cara efektif yang sederhana tapi ampuh.

Kalau anak berpikir akan berhasil, maka dia pasti akan bekerja lebih keras lagi. Seringkali, cara ini menghasilkan kesuksesan lho Bun.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi