sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir, Wajib Gunakan Sabun dan Sampo Lembut

Zika Zakiya Sabtu, 20 Feb 2021 13:40 WIB
Tips Memandikan Bayi di Bumil Time caption
Jakarta -

Mandi merupakan salah satu cara terbaik bonding antara Bunda dan Si Kecil. Metodenya pun harus lembut dengan kondisi Si Kecil yang sedang tenang alias tidak rewel.

Untuk memandikan bayi dibutuhkan langkah-langkah tertentu. Menurut Bidan Novelia dari Persada Hospital, Malang, Jawa Timur, tips untuk memandikan bayi antara lain;

1. Siapkan semua peralatan mandi dan sesudah mandi.

2. Siapkan air hangat dengan suhu suam-suam kuku lalu campurkan cairan peralut untuk mandi ke dalam air. Cairan ini berfungsi untuk melembapkan kulit bayi. Pastikan saat Bunda larutkan, air berubah menjadi warna putih susu.

3. Siapkan sabun yang lembut untuk tubuh bayi.

4. Jika bayi sudah memiliki rambut, Bunda bisa menggunakan sampo dan kondisioner dengan formula lembut dengan kandungan pH yang seimbang dan aman.

5. Tuang sabun ke waslap yang sudah dibasahi lalu usap di kepala, badan, kaki, punggung.


Tips Memandikan Bayi bersama Bumil TimeTips Memandikan Bayi bersama Bumil Time/ Foto: Bumil TIme



6. Lalu masukkan ke bayi ke air mandi di bak. Tangan kiri pegang tengkuk bayi, tangan kanan pegang bokong.

7. Di dalam bak mandi, pastikan angkat leher bayi agar posisinya lebih tinggi dari badan.

8. Jika sudah, keringkan dengan handuk dan pastikan tidak ada sisa lengket atau pun residu di kulit bayi.

Tips memandikan bayi ini merupakan bagian dari acara. 'Bumil Time' yang ditayangkan secara Live, Sabtu (20/02/2021). Tips memandikan bayi ini masuk ke dalam segmen 'Kursus Neonatal: Perawatan Bayi Baru Lahir.'

Untuk bayi baru lahir, setelah mandi, Bunda juga bisa melakukan pijat ke tubuh bayi. "Pijat bisa dilakukan setiap hari, sebanyak satu hingga dua kali sehar, tergantung keadaan bayi," jelas Bidan Novelia.

"Pijat bisa dilakukan selama 15 - 20 menit tapi jika bayi sudah terasa tidak nyaman, bisa dihentikan," tambahnya.

Selain segmen ini, 'Bumil Time' juga sudah menayangkan lebih dulu sesi prenatal yoga bersama Amanda Soedharma dari Natura Yoga, Talk Show kehamilan bersama dr.Ilham Utama Sp.OG, Fashion Hack bersama Didiet Maulana, dan ngobrol bareng Bidan 'tiup-tiup' Novel.

Tidak lupa juga segmen 'Bantu Ayah Penuhi Ngidam Bumil' di mana HaiBunda mewujudkan ngidam bumil. Terakhir, akan diumumkan pemenang program 'Dibayarin Lahiran sama HaiBunda.'

Nantikan kami di event selanjutnya ya, Bunda...

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi