sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Bunda yuk Cegah Infeksi dengan Menjaga Kesehatan Reproduksi Suami-Istri

Annisa Afani   |   Haibunda Selasa, 07 Dec 2021 21:40 WIB
Loving happy couple talking to each other at home caption
Jakarta -

Bagi pasangan suami istri, hubungan seksual menjadi hal yang penting, ya. Namun selain itu, penting juga untuk saling sadar mengingat kesehatan reproduksi masing-masing.

Berbicara soal kesehatan reproduksi, ini tentunya sangat luas. Namun, hal yang paling utama dipahami yakni dengan menghindari terjadinya infeksi.

"Kesehatan reproduksi itu luas. Namun yang berhubungan dengan infeksi, reproduksi sehat itu yakni terbebas dari penyakit dan secara fungsi juga harus sehat," kata dr. Liva Wijaya, Sp.OG., selaku dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Mitra Kemayoran Jakarta dalam Live Instagram HaiBunda pada Selasa (7/12/2021).


Lebih lanjut, dr Liva juga berbicara soal penyakit yang muncul dari berhubungan seksual. Katanya, ini terbagi dua jenis yakni menular dan tak menular.

"Cuma kalau melihat penyakit seksual itu apa saja, yakni yang menular dan yang tak menular. Kalau yang tak menular bisa disebabkan jamur, hingga keputihan yang menyebabkan radang di daerah reproduksi," katanya.

Namun meskipun penyakit ini tak menular, jika dibiarkan dan tak dihindari, bisa berakibat buruk Bunda. Karena ujungnya pun akan memicunya menjadi penyakit menular.

"Meski tak menular, itu bisa meningkatkan infeksi lainnya yang mengganggu reproduksi rahim, merusak saluran telur hingga tak bisa punya anak, atau yang lainnya seperti hepatitis B, HIV ujung-ujungnya akan ke sana (menular)."

"Jadi harus menjaga dari infeksi-infeksi ringan yang tak menular agar enggak berujung ke penyakit menular seksual," sambungnya.

Berbicara soal HIV yang bisa menular dari hubungan seksual, Bunda Hages Budiman yang juga ODHIV (orang dengan HIV) membagikan kisahnya. Dalam kesempatan yang sama, ia menuturkan bahwa hubungan seksual yang dilakukannya dengan suami berjalan dengan baik, Bunda.

Bagaimana caranya? Bunda empat anak itu menerangkan ia dan sang suami memiliki kesepakatan untuk memakai kondom saat melakukannya. Ketika keduanya sedang dalam program hamil, atas bimbingan dokter, sang suami tak memakai kondom hanya di masa subur Bunda Hages.

"Untuk menjaga kesehatan, kami sepakat untuk berhubungan dengan menggunakan kondom," tuturnya.

Langkah antisipasi jika ada gangguan reproduksi?

Untuk menjawab hal ini, dr. Liva ungkap bahwa hal utama yang biasanya muncul yakni infeksi yang ditandai dengan radang. Jika terasa dan mengganggu, segera periksaan pada dokter untuk memastikannya.

"Pertama, kalau karena infeksi biasanya muncul adanya radang misalnya nyeri di daerah kemaluan, keluar cairan warna putih atau kuning, terasa gatal, bau atau saat berhubungan seksual mengeluarkan berdarah hingga nyeri daerah panggul."

"Selain itu juga bisa dilakukan saat pemeriksaan sebelum punya anak. Jika tak hamil, kira-kira ada masalahnya apa. Dari situ kita juga bisa lihat, misalnya saluran telurnya buntu yang disebabkan clamydia yang bisa menyebabkan kerusakan daerah genital dalam, hingga rusak di dalam rongga panggul," sambungnya.

Upaya jaga kesehatan reproduksi

Ada beberapa upaya yang perlu untuk dilakukan dan sadari, Bunda. Bagi pasangan suami istri, harusnya tak berganti-ganti pasangan karena ini akan meningkatkan risiko.

"Buat suami istri, tetap jaga close circuit. Kemudian mau pakai kondom atau enggak, itu oke selama (sama-sama) sehat. Lakukan pemeriksaan berkala di daerah vagina hingga serviksnya agar menemukan benjolan atau apa pun.

Khusus bagi pasangan yang mau menikah, belum berhubungan seksual, dan akan jalankan program hamil, perlu untuk jalani tes berupa USG untuk saling memastikan kesehatan masing-masing.

"Pokoknya kalau berhubungan seksual, satu hal yang penting adalah safe sex dan jaga kesehatan masing-masing. Kebiasaan yang paling berpengaruh yaitu jaga kebersihan dengan membersihkan alat reproduksi sebelum dan sesudah berhubungan seksual, serta cuci tangan baik sebelum-sesudah memegang alat genital," sambungnya.

Bunda, simak juga lima penyakit reproduksi yang bisa bikin susah hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/pri)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!