sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Tanda Speech Delay pada Anak & Cara Mengatasinya, Tanya Dokter Langsung Yuk

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 18 Sep 2022 16:30 WIB
HaiBunda Live Gejala Speech Delay caption
Jakarta -

#HaiBunda Para orang tua tentu menginginkan tumbuh kembang anak sesuai dengan pertambahan usianya. Tapi, sering kali ditemui berbagai gangguan, salah satunya speech delay.

Dijelaskan Dokter Spesialis Anak, dr. S. Tumpal Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A., speech delay adalah kemampuan bahasa anak tidak sesuai dengan perkembangan milestone usianya. Jadi, kondisi ini akan memengaruhi perkembangan Si Kecil, Bunda.

"Pengaruh speech delayed adalah terjadinya gangguan komunikasi dan bisa menyebabkan anak tantrum," Dokter Andreas menjelaskan pada HaiBunda.


Gangguan speech delay pada anak bisa disebabkan banyak hal, Bunda. Dokter Andreas menerangkan, penyebab utama anak mengalami speech delay yakni kurang stimulasi, nutrisi, dan penggunaan gadget.

Wah, padahal anak-anak zaman now familiar banget sama gadget. Bahkan, sejak usia batita lho! Anak Bunda termasuk kenal gadget sejak dini? Bunda tak boleh anggap sepele ya kondisi speech delay ini.

Bunda dan Ayah perlu tahu, apa saja tanda anak mengalami speech delay dan cara mengatasinya. Kalau bisa sih, dicegah sedini mungkin ya. Bagaimana caranya?

Yuk, konsultasi langsung ke dokter Andreas dalam HaiBunda Live Instagram @haibundacom, pada Selasa (20/9) mulai pukul 16.30 WIB. Bubun juga akan kedatangan satu tamu lagi nih, Praktisi Terapi Wicara Hanni Nur Hadiyyati, A.Md TW.

Dengan tema Kenali Gejala Speech Delay pada Anak Sejak Dini, acara ini akan dipandu Managing Editor HaiBunda, Zika Zakiya. Bunda siapkan pertanyaan ya, tulis di kolom komentar artikel ini atau saat live berlangsung.

Bubun tunggu lho!

Simak juga aktivitas apa saja yang bermanfaat untuk terapi wicara anak speech delay, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!