sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Pengaruh Gadget pada Anak yang Alami Speech Delay, Bunda Perlu Tahu

ANNISAAFANI   |   Haibunda Selasa, 20 Sep 2022 20:33 WIB
Penyebab dan cara mengatasi speech delay Ilustrasi Pengaruh Gadget pada Anak yang Alami Speech Delay, Bunda Perlu Tahu/Foto: iStockphoto
Jakarta -

Sebagai orang tua, tentunya kita ingin dan mengharapkan anak-anak agar dapat tumbuh serta berkembang dengan optimal. Oleh karena itu, orang tua perlu semaksimal mungkin untuk memperhatikan anak, terutama untuk menghindarinya dari speech delay keterlambatan bicara.

Dijelaskan Dokter Spesialis Anak, dr. S. Tumpal Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A., speech delay adalah kemampuan bahasa anak tidak sesuai dengan perkembangan sesuai usianya. Jadi, kondisi ini akan memengaruhi perkembangan Si Kecil, Bunda.

Gangguan speech delay pada anak bisa disebabkan banyak hal, Bunda. Dokter Andreas menjelaskan penyebab utama anak mengalami speech delay yakni kurang stimulasi, nutrisi, dan penggunaan gadget.


Hubungan gadget dan speech delay

Ada beberapa faktor gadget yang memengaruhi kemampuan anak berbicara hingga mengakibatkan speech delay, simak berikut:

1. Suara

Suara dari gadget mengeluarkan frekuensi jauh lebih tinggi dibandingkan suara kita ngobrol (normal). Kalau dari gadget, televisi, itu frekuensinya 80 desibel (dB), sedangkan suara kita hanya 25-30 dB.

"Yang teriak-teriak saja hanya 30 dB. Jadi (anak) yang terbiasa mendengarkan suara dengan frekuensi yang tinggi, ketika mendengarkan kita jadi enggak kedengaran," kata dokter Andreas dalam Live IG HaiBunda pada Selasa (20/9/2022).

2. Fokus satu arah

Penggunaan gadget juga memengaruhi fokus anak-anak, Bunda. Saat mereka sibuk dengan gadgetnya, anak tak bisa diganggu.

Akibat fokus satu arah ini pula, mereka jadi tak memiliki kemampuan komunikasi dua arah. Dalam pikiran anak, ngobrol itu hanya mendengarkan. Akibatnya, tidak terpacu untuk mengeluarkan suaranya dan berbicara.

3. Tidak berimajinasi

Gadget juga menjadikan anak tumpul berimajinasi. Dengan gadget, semuanya bisa ia lihat dan langsung tahu. Ini membuat otak anak bekerja dengan maksimal untuk membayangkan atau mengimajinasikan sesuatu.

"Karena dia sudah melihatnya, jadi ya sudah (tidak ada usaha lagi untuk membayangkan atau berimajinasi). Kalau sebaliknya jika mereka tidak tahu (tidak melihat dari gadget saat itu) akhirnya mereka mau berimajinasi dan bersuara, 'Oh bebek seperti ini, oh kuda seperti itu'," terang Andreas.

Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 7 aktivitas yang bermanfaat untuk terapi wicara bagi anak speech delay dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MEMBANGUN KOMUNIKASI SAAT ANAK ALAMI SPEECH DELAY
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!