kehamilan

Tahapan Perkembangan Janin: Minggu ke-18

Joko Supriyanto Sabtu, 15 Jul 2017 10:01 WIB
Tahapan Perkembangan Janin: Minggu ke-18
Jakarta - Ukuran bayi saat ini menyerupai paprika yang panjangnya 14,20 cm dan berat 189,94 gram.

Pada minggu ini sel saraf (yang biasa ditulis syaraf) pengindraan seperti perasa, penglihatan, pendengaran, penciuman, dan perabaan berkembang sempurna. Perkembangan otak pun meningkat dan janin bisa merasakan apa yang ibunya rasakan seperti senang, sedih, maupun stres.

Sebenarnya, suara mendadak atau keras bisa mengejutkannya lho. Bunda bisa bernyanyi, bercerita atau memainkan musik yang bisa didengar calon bayi. Meskipun belum mengerti jenis suara, tetapi si kecil akan mengenali suara Bunda lebih baik dari sura yang lain.


Sekarang Bunda bisa merasakan gerakan dan tendangan si kecil lho. Kalau Bunda melakukan USG di minggu ini, Bunda akan melihat calon bayi sedang mengisap jempolnya atau mengerutkan kening seolah mengatakan 'Kenapa Bun?'

Si kecil juga bisa merasakan suara seperti detak jantung dan darah Bunda ketika dipompa melalui tali pusar. Apabila ada cahaya di rahim, calon bayi juga sudah bisa mendeteksinya.

Sekarang si kecil sudah memiliki 200 tulang yang terus mengeras. Saat lahir nanti, calon bayi akan memiliki sekitar 300 tulang, tapi beberapa di antaranya akan menyatu. Oleh karena itu, kerangka tulang orang dewasa hanya memiliki 206 tulang.

Calon bayi Bunda saat ini sibuk meregangkan lengan dan kakinya. Bunda akan memperhatikan gerakannya lebih banyak lagi di minggu-minggu selanjutnya.

Lapar, nafsu makan bertambah, hasrat untuk makan tertentu cukup umum Bunda alami di usia kehamilan saat ini. Jangan lupa Bun, pilih makanan yang bernutrisi ketika lapar ya! Jadi nggak sekadar asupan yang berkalori aja seperti kola, keripik, dan permen.

Selama trimester ini tekanan darah Bunda akan lebih rendah dari biasanya. Maka dari itu Bun, baiknya jangan bangkit terlalu cepat dari posisi berbaring atau duduk karena bisa menimbulkan rasa sedikit pusing.

Hal lain pada minggu ini, Bunda bisa merasa kurang nyaman karena kaki atau tangan bengkak, sakit punggung, kram kaki, dan mimisan. Stres dan ketidaknyamanan bisa membuat Bunda bangun di malam hari di sekitar minggu ke-18 kehamilan ini. Tetap jaga kondisi tubuh ya, Bun! (jos)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi