kehamilan

Bisa Dicoba, Minuman untuk Bantu Redakan Morning Sickness

Minggu, 06 Aug 2017 19:47 WIB
Bisa Dicoba, Minuman untuk Bantu Redakan Morning Sickness
Jakarta -
Morning sickness yang dialami ibu hamil kadang bisa menghambat aktivitas ya. Kadang, karena mual muntah yang dialami cukup parah, akhirnya kita nggak bisa ngapa-ngapain deh dan cuma berbaring aja di kasur. Duh, sedihnya.

Kata dr Yuslam Edi Fidianto SpOG dari RS Mayapada Lebak Bulus, morning sickness umumnya terjadi di trimester awal kehamilan dan di awal trimester kedua. Walaupun, ada juga nih ibu hamil yang nggak punya keluhan morning sickness.

Nah, kalau Bunda sekarang lagi hamil dan mengalami morning sickness, nggak ada salahnya mencoba beberapa minuman yang bisa membantu meredakan morning sickness. Apa aja? Yuk simak rangkuman HaiBunda berikut ini.


1. Air Kelapa

Air kelapa berkhasiat membantu meredakan mual dan muntah. Apalagi, mual dan muntah kan rentan bikin kita dehidrasi ya. Nah, air kelapa secara alami dapat menghidrasi dan mengandung 5 mineral yang dibutuhkan tubuh yaitu potassium, sodium, magnesium, fosfor dan kalsium.

2. Sari Lemon

Kata Natalie Butler, RD, LD, lemon dapat meredakan morning sickness. Selain itu, sari lemon kaya akan vitamin C yang bisa jadi antioksidan yang baik buat tubug. Bunda bisa bikin sendiri sari lemon dengan mencampur perasan air lemon dengan air hangat. Supaya nggak terlalu asam, bisa ditambah sedikit gula ya.

3. Sari Jahe

Jahe bermanfaat menekan rasa mual di lambung. Kata Natalie, sari jahe juga bisa dicampur ke adonan kue untuk membuat kue jahe. Jadi, ibu hamil yang mengeluh morning sickness bisa sekalian makan karbohidrat. Untuk bikin sari jahe, kita rebus jahe yang udah dimemarkan plus air. Sebagai pemanis, kita bisa tambahkan sedikit gula merah.

4. Teh Herbal

Untuk meredakan morning sickness, teh herbal kayak teh chamomile, teh peppermint, sama teh jahe juga bisa diminum bunda yang lagi hamil. Selain rasanya enak, aroma teh herbal juga menenangkan.

5. Smoothie Pisang

Pisang kaya akan vitamin B6 yang bisa membantu meredakan keluhan mual pada ibu hamil. Nah, pisang yang dijadikan smoothies bisa Bunda konsumsi untuk membantu meredakan morning sickness. Selain itu, Julia Tarbath, ahli gizi dan motivator kesehatan bilang pisang adalah buah yang bisa bikin kita lebih berenergi. Pisang yang kaya serat juga bikin kita kenyang lebih lama. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi