kehamilan

Ngidam Saat Hamil? Ini Dia Alasannya

Senin, 07 Aug 2017 11:49 WIB
Ngidam Saat Hamil? Ini Dia Alasannya
Surabaya - Ngidam rasanya wajar saja ya dialami ibu-ibu yang sedang hamil muda. Ada yang ingin banget makan makanan tertentu, tapi ada juga yang berupa dorongan keinginan yang lebih besar akan suatu hal.

Kalau kata dr Muhammad Ardian C.L, SpOG, M.Kes, hampir 95 persen ibu hamil akan merasakan yang namanya ngidam. "Faktor utama penyebab ngidam ini adalah hormon," ujat dr Ardian dalam Festival Ngidam SGM Bunda di Royal Plaza Surabaya, Jl Jend. Ahamd Yani, Surabaya, baru-baru ini.

Tapi ada juga lho penyebab lain ngidam yaitu defisiensi zat gizi dan faktor psikologi. Kalau alasannya psikologi, ini nih yang bikin kita jadi cenderung ingin disayang-sayang dan dimanja suami.


dr Grace Judio-Kahl, MSc sebelumnya pernah menerangkan craving atau ngidam merupakan tanda tubuh mungkin sedang butuh sesuatu. Nah, pada ibu hamil, ketika ada perubahan pH maka biasanya muncullah ngidam ini. Yang paling sering ibu hamil itu ngidamnya sesuatu yang rasanya asam. Hayo siapa yang pernah merasakannya juga?

Kalau ibu hamil mengidam sesuatu yang asam, ini murni karena ada perubahan pH dalam tubuh kita saat hamil. Saat ini terjadi, tubuh biasanya akan merespons dengan memberikan sinyal ke otak supaya muncul keinginan untuk memperbaiki pH.

Apa semua ngidam harus dipenuhi? Kalau menurut dr Nurhadi Rahman SpOG beberapa waktu lalu, tidak apa-apa jika ngidam ibu hamil tidak dipenuhi. Cuma kalau ngidamnya makanan yang sehat dan masuk akal ya sah-sah saja sih kalau mau dipenuhi.

Oh iya hati-hati juga ya Bun kalau bersama suami berencana memenuhi semua keinginan ngidam makanan tertentu. Soalnya bisa bikin berat badan kita meningkat drastis.

Untuk para bunda yang sedang hamil, dr Ardian mewanti-wanti untuk menjaga asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh. Apalagi perlu diingat nih, data menunjukkan 6 dari 10 ibu hamil di Indonesia memiliki asupan protein dan beberapa zat gizi mikro yang lebih rendah dari kebutuhan.

(Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi