sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Ciri-ciri Hamil Dilihat dari Bentuk Tubuh, Apakah Bunda Mengalaminya?

Meita Fajriana   |   Haibunda Selasa, 04 Jan 2022 15:47 WIB
Pregnant woman in the early stages touches the belly with her hands. First and second trimester of pregnancy. Ilustrasi awal kehamilan/Foto: Getty Images/iStockphoto/My photos for your work and joy!

Jakarta - Saat hamil, ada beberapa Bunda bisa merasakan adanya perubahan pada dirinya bahkan sebelum melakukan tes. Perubahan itu disebabkan adanya perubahan berbagai hormon memasuki masa kehamilan

Salah satu perubahan yang bisa dilihat yakni dari bentuk tubuh dan wajah Bunda. Apa saja ciri-ciri hamil jika dilihat dari bentuk badan? Yuk simak terus penjelasannya Bunda. 

Melansir dari laman Healthline, kehamilan terjadi ketika sperma membuahi sel telur setelah dilepaskan dari ovarium selama ovulasi. Telur yang telah dibuahi kemudian bergerak turun ke dalam rahim dan terjadilah implantasi yang menghasilkan kehamilan.


"Mengetahui apa yang diharapkan selama masa kehamilan penting untuk memantau kesehatan ibu dan bayi. Jika telah menyadari sedang hamil lebih awal, artinya ibu dapat mempersiapkan dan merawat calon bayi dengan lebih baik," kata Holly Ernst, dokter kandungan yang berbasis di New York, Amerika Serikat dikutip dari laman Healthline, Minggu (2/1).

Pada umumnya, kehamilan cukup bulan berlangsung selama 40 minggu. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kehamilan. Ketika Bunda mengetahui kehamilan lebih awal dan segera menemui dokter untuk melakukan konsultasi prenatal tentunya akan berhasil memiliki kehamilan yang baik dan melahirkan bayi yang sehat. Begitu juga sebaliknya Bunda. Jadi, akan lebih baik jika Bunda bisa menemukan ciri-ciri hamil ini lebih dini. 

Untuk itu, Bunda bisa saja melihat beberapa tanda dan gejala kehamilan bahkan sebelum Bunda melakukan tes kehamilan. Sementara gejala lainnya akan muncul beberapa minggu kemudian, karena kadar hormon Bunda berubah saat hamil. Berikut ciri-ciri hamil dilihat dari perubahan pada bentuk badan dan wajah Bunda. 

1. Penambahan berat badan

Saat hamil Bunda akan mengalami kenaikan berat badan antara 1 sampai 4 pon dalam beberapa bulan pertama kehamilan Bunda. Kenaikan berat badan menjadi lebih terlihat menjelang awal trimester kedua Bunda. Jadi ketika Bunda mengalami kenaikan berat badan, bisa saja sedang hamil. 

Banner Pencerah Wajah KusamBanner Pencerah Wajah Kusam/ Foto: HaiBunda/Mia

2. Perubahan payudara

Perubahan payudara adalah salah satu tanda awal kehamilan yang terlihat. Bahkan sebelum Bunda cukup jauh untuk menjalani tes kehamilan. Saat hamil payudara Bunda akan mulai terasa lunak, bengkak, dan umumnya terlihat penuh. Puting Bunda juga bisa menjadi lebih besar dan lebih sensitif. Begitu juga dengan area di sekitar puting yaitu areola yang bisa menjadi semakin gelap.

Perubahan hormonal di awal kehamilan akan membuat payudara Anda sensitif dan nyeri. Hal ini menyebabkan payudara menjadi lembut dan bengkak. Hal ini tentu terasa tidak nyaman Bunda. Tapi tenang Bunda, ketidaknyamanan ini kemungkinan akan berkurang setelah beberapa minggu karena tubuh Bunda menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal kehamilan. 

3. Jerawat

Karena peningkatan hormon androgen, banyak wanita mengalami jerawat di awal kehamilan. Hormon-hormon ini dapat membuat kulit Bunda lebih berminyak, yang dapat menyumbat pori-pori. Jerawat kehamilan biasanya bersifat sementara dan hilang setelah bayi lahir. Jadi, jangan terlalu khawatir ya Bunda. 

Klik halaman berikutnya yuk Bunda.

Simak juga video tentang 9 tanda hamil 2 bulan di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



CIRI-CIRI AWAL KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!