kehamilan

Tips Supaya Ibu Hamil Nggak Gampang Jatuh

Asri Ediyati Senin, 21 Aug 2017 07:58 WIB
Tips Supaya Ibu Hamil Nggak Gampang Jatuh
Jakarta - Saat hamil, memang keseimbangan tubuh jadi nggak stabil akibatnya kita jadi gampang jatuh deh.

Nah, janin memang udah dilindungi berlapis-lapis dinding, mulai dari ketuban, rahim hingga kulit perut kita. Tapi, benturan yang keras akibat jatuh berisiko tinggi juga nih buat janin. Bahkan ketika kita tersandung tapi nggak terjatuh, itu bisa memengaruhi kondisi janin lho.

"Ketika ibu hamil mendapat pengalaman yang nggak menyenangkan, janin juga bisa merasakan. Pengalaman fisik bisa membuat tekanan darah berubah dan ini bisa memengaruhi janin," kata psikolog anak dan remaja dari RaQQi Human Development and Learning Centre, Ratih Zulhaqqi.


Untuj mengurangi risiko jatuh yang gampang banget kita alami pas hamil, terlebih kalau perut udah makin besar, ada nih Bun beberapa tips sederhana yang bisa kita terpapkan, seperti dirangkum HaiBunda dari berbagai sumber. Yuk simak!

1. Lantai Rumah Bebas dari Kabel-kabel yang Melintang

Penempatan terminal listrik yang salah bisa bikin kabel-kabel melintang sembarangan di lantai rumah. Kadang kita yang asyik jalan sana sini dalam rumah, nggak memperhatikan kondisi lantai, alhasil tersandung deh. Jangankan yang hamil, yang nggak lagi hamil juga rentan banget tersandung ya kalau ada kabel-kabel berserakan.

Kalau kayak gini, sebaiknya diatasi dengan mengatur ulang posisi terminal listrik. Jangan lupa kabel-kabel dipasang mepet sama tembok, terus usahakan nggak melintang dan menghalangi jalan ya.

2. Pasang Keset di Depan Pintu Kamar Mandi dan Wastafel

Habis basah di kamar mandi atau cuci tangan di wastafel, nah ini rentan bikin kita kepeleset. Untuk itu, penting banget ditaruh keset di depan pintu kamar mandi dan bagian bawah wastafel bahkan tempat cuci piring. Dengan ada keset, kaki bisa kering dan pas jalan pun jadi nggak licin. Jangan lupa pilih keset yang bahannya memang nyerap air ya.

Baca juga: Tumbuh Rambut di Perut Saat Hamil, Ngalamin Nggak, Bun?

Tips ibu hamil agar nggak gampang jatuhTips ibu hamil agar nggak gampang jatuh Foto: Ari Saputra


3. Lebih Peka Sama Lingkungan Sekitar

Saat hamil nggak ada salahnya kok kita selalu peka sama lingkungan sekitar. Peka di sini maksudnya usahakan untuk nggak pakai handphone saat berjalan. Kita juga harus pastikan lantai tetap kering dan tentunya kita harus lebih teliti dalam melangkah. Nah, saat naik turun tangga pelan-pelan juga ya. Nggak usah buru-buru.

4. Pilih Sepatu yang Paling Nyaman

Pas hamil, alangkah baiknya kalau kita kurangi 'hobi' pakai high heels. Atau, kalau bisa nih, absen sejenak deh pakai high heels selama hamil. Karena saat hamil titik gravitasi kita berubah dan kadang suka nggak seimbang. Pakai high heels dikhawatirkan bikin badan makin nggak seimbang dan risiko jatuh jadinya lebih besar.

Nggak ada salahnya kita pilih sepatu kayak sneakers atau flat shoes, dengan ukuran yang pas dong, pastinya. Nggak kesempitan atau kebesaran. Soalnya, sepatu yang kesempitan atau kebesaran juga berisiko bikin kita juga gampang jatuh.

5. Hindari Pusing

Kata James Hanna DPM dari The New York State Podiatric Medical Association, saat hamil kita cenderung dehidrasi dan kepanasan, gula darah turun drastis ketika kita nggak makan dengan cukup. Akibatnya, kita jadi gampang pusing.

"Untuk itu, disarankan pakai pakaian berwarna cerah, minum air dan makan yang cukup. Kadang pusing bisa juga terjadi karena rendahnya tekanan darah. Saat rahim membesar, itu bisa menekan pembuluh darah dan kita bisa pusing kalau kita terlalu cepat untuk berdiri," kata James.

Makanya, James nyaranin ke ibu hamil supaya pelan-pelan kalau mau bangun dari posisi duduk.

Sebenarnya tips-tips ini super simpel dan memang kadang suka terlupakan ya. Tapi, nggak ada salahnya juga lho kita terapkan. Semangat, Bun! (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi