sign up SIGN UP search


kehamilan

Kondisi Ini Dipercaya Jadi Tanda Hamil Bayi Laki-laki

Asri Ediyati Senin, 28 Aug 2017 18:30 WIB
Kata orang kalau kondisi kita pas hamil kayak gini, itu tanda hamil bayi laki-laki, nih. caption
Jakarta - Menginjak trimester kedua, mulai dari keluarga hingga tetangga biasanya menebak-nebak jenis kelamin bayi di dalam kandungan. Nah, tebak-tebak buah manggis itu seringnya dikaitkan sama kondisi kita. Misalkan kalau rambutnya nggak gampang rontok, itu tanda hamil anak laki-laki.

Dirangkum HaiBunda dari berbagai sumber, ini dia kondisi-kondisi saat hamil yang diyakini jadi tanda hamil bayi laki-laki. Mana 'prediksi' yang pernah Bunda dengarkan dan mungkin buktikan alias benar nggak si kecil jenis kelaminnya laki-laki.

Tanda hamil anak laki-lakiTanda hamil anak laki-laki Foto: dok Infografis HaiBunda



Banyak yang percaya kalau detak jantung laki-laki lebih rendah dibandingkan perempuan yakni di bawah 140 detak per menit. Ada teori yang mengatakan karena ukuran bayi laki-laki lebih besar jadi detak jantungnya lebih cepat. Tapi, dr Michael Randell, dokter spesialis kandungan dan kebidanan dari Atlanta, Amerika Serikat, membantah hal ini.

"Detak jantung bayi bisa bervariasi tiap harinya. Kemudian terkait berat badan, tidak ada jaminan kalau laki-laki punya berat badan yang lebih, banyak kok bayi laki-laki lahir dengan berat badan rendah," kata Randell.

Tanda hamil anak laki-lakiTanda hamil anak laki-laki Foto: dok Infografis HaiBunda


Kalau tinggi perut kita rendah, nggak membesar ke atas dan cenderung ke bawah diyakini itu tanda hamil anak laki-laki, Bun. Bentuk perut yang seperti bola, membulat juga demikian. Sebenarnya ini nggak terlalu akurat, tapi banyak lho yang percaya kalau ini tanda hamil bayi laki-laki yang akurat.

Sebenarnya bentuk dan ukuran perut bunda ditentukan sama kehamilan yang pertama atau yang ke-sekian. Biasanya kalau kehamilan pertama karena otot dan kulit perut masih kencang jadi perut terlihat lebih kecil. Tinggi perut juga sebenarnya tergantung dari tinggi badan bunda juga. Biasanya bunda yang pendek perutnya, akan terlihat naik saat hamil. Bunda yang punya kadar cairan ketuban yang banyak bisa menyebabkan perut terlihat lebih besar. Satu lagi Bun, saat hamil posisi bayi dalam kandungan juga menentukan bentuk dan ukuran perut.

Baca juga: Adakah Upaya Memperbesar Peluang Punya Anak Laki-laki ataupun Perempuan?

Tanda hamil anak laki-lakiTanda hamil anak laki-laki Foto: dok Infografis HaiBunda


Saat trimester pertama, morning sickness kerap terjadi. Banyak yang yakin, kalau kita mengalami morning sickness yang parah berarti kita sedang hamil perempuan. Sebaliknya kalau morning sickness-nya nggak parah bahkan nggak ada sama sekali, kemungkinan besar itu tanda hamil bayi laki-laki. Namun, dari segi medis hal itu belum bisa dibuktikan, Bun.

"Kami belum bisa memastikan apa sebabnya morning sickness berbeda-beda tingkat keparahannya. Sebagian ibu hamil nggak mengalami morning sickness di kehamilan pertamanya. Namun, morning sickness mereka menjadi lebih parah ketika hamil anak kedua atau ketiga, bahkan saat hamil laki-laki maupun perempuan sama parahnya," kata Randell.

Tanda hamil anak laki-lakiTanda hamil anak laki-laki Foto: dok Infografis HaiBunda


Salah satu tanda hamil bayi laki-laki, banyak yang bilang kalau kita bakal ngidam makanan yang asam dan asin. Hasil studi belum menunjukkan bukti yang kuat kalau ngidam makanan asam dan asin berarti kita sedang hamil laki-laki. Akan tetapi, studi menunjukkan kalau ibu ngidam berarti ada beberapa nutrisi yang kurang di dalam tubuh.

Baca juga: Cara Mengasuh Anak Laki-laki dan Perempuan, Haruskah Dibedakan?

Tanda hamil anak laki-lakiTanda hamil anak laki-laki Foto: dok Infografis HaiBunda

Banyak yang bilang kalau tanda hamil bayi laki-laki salah satunya warna urine kita lebih pekat. Namun hal tersebut belum bisa dibuktikan secara medis, Bun. Menurut Karen Deighan MD FACOG dari Departemen Obtstetrics and Gynecology di Gottlieb Memorial Hospital of Loyola University Health System, warna urine yang pekat bisa terjadi karena ibu hamil kurang minum. Sebab, nggak sedikit ibu hamil dehidrasi karena kurang minum.

Tanda hamil anak laki-lakiTanda hamil anak laki-laki Foto: dok Infografis HaiBunda


Rambut yang tumbuh lebih cepat dipercaya banyak orang jadi tanda hamil bayi laki-laki. Menurut Dr Kelly Legget, direktur medis dari Women's Hospital of Greensboro, Amerika Serikat, saat hamil kita memang membawa banyak hormon beta-HCG (hormon kehamilan), tapi pertumbuhan rambut dan kuku nggak bisa menentukan jenis kelamin bayi.

"Normalnya, wanita kehilangan kurang lebih 100 helai rambut per hari. Namun, saat hamil, hormon estrogen memang membuat rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok. Hal ini juga nggak bisa menentukan jeniskelamin bayi dengan akurat," papar Dr Aviva Stein, obgyn dari Charlotte Obstetrics and Gynecology, Amerika Serikat dikutip dari Carolina Parent.

Tanda hamil anak laki-lakiTanda hamil anak laki-laki Foto: dok Infografis HaiBunda


Kalau hamil bayi laki-laki, banyak yang meyakini kulit kita bakal nggak berjerawat dan lebih bersinar. Studi menunjukkan hal tersebut belum tentu benar, karena jerawat biasanya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, kebersihan muka dan aktivitas hormonal di dalam tubuh kita, Bun.

Meskipun banyak yang percaya kalau tanda-tanda tersebut benar, tapi nggak ada salahnya kok kalau kita melakukan pemeriksaan USG untuk tahu jenis kelamin si alon bayi. Selain bisa melihat jenis kelamin dengan akurat, kita kan juga bisa mendeteksi hal lainnya. Dari 7 tanda ini, mana yang pernah Bunda dengar paling sering dibilang orang-orang itu tanda hamil bayi laki-laki [https://health.detik.com/read/2017/08/02/151805/3583477/763/lagi-seorang-pria-transgender-lahirkan-bayi-laki-laki]? Yuk tulis di kolom komentar.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!