sign up SIGN UP search


kehamilan

Selain Kaki, Bagian Tubuh Ini Juga Bisa Bengkak Saat Hamil

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 23 Sep 2017 14:15 WIB
Kaki jadi bagian tubuh yang umum jadi bengkak saat hamil. Tapi ingat, Bun. Selain kaki, bagian tubuh lain juga bisa membengkak lho. caption
Jakarta - Kaki bengkak bisa jadi salah satu keluhan yang umum dirasakan ibu hamil. Eh, tapi nggak cuma kaki aja, Bun. Dalam kondisi berbadan dua, bagian tubuh lain selain kaki juga bisa mengalami pembengkakan dan kadang kala ini nggak kita sadari. Hiks.

Kata Kameelah Philips, MD, dokter spesialis kandungan dan kebidanan di New York City, hidung, gusi, mata, payudara, dan vagina bisa mengalami pembengkakan saat wanita sedang hamil. Ibu hamil bisa merasa hidungnya bengkak atau sesak karena pembuluh darah kecil di sinus melebar dan mengalami peningkatan volume darah dan cairan. Akibatnya, kita bisa mengalami hidung yang agak sesak bahkan berdarah, Bun.

Kameelah berpesan kalau hidung sering berdarah, baiknya sampaikan ke dokter karena bisa jadi kondisi ini ada kaitannya sama kehamilan. Nah, sama kayak hidung, gusi juga bisa sensitif terhadap retensi air selama kehamilan dan volume darah yang meningkat. Apalagi, masalah gusi selama masa kehamilan lebih rentan terjadi. Makanya, Kameelah mewanti-wanti ketika ada perdarahan di gusi misalnya, segera konsultasikan ke dokter ya, Bun.


"Di mata, juga bisa tampak lebih bengkak terutama di daerah lingkaran gelap di bawah mata. Kurang tidur tak bisa langsung disalahkan untuk kondisi ini. Sebab, penyebabnya karena banyaknya air yang tertahan sehingga mata kadang terasa seperti menonjol ke luar," kata Kameelah, dikutip dari Parents.

Biasanya, mata akan kembali terasa normal setelah melahirkan, Bun. Kalau mata yang membengkak bikin nggak nyaman, bisa diatasi dengan kompres dingin atau kompres pakai timun. Fluktuasi hormon selama kehamilan juga bisa memicu payudara membengkak. Jadi, nggak heran kalau ukuran bra bertambah karena ukuran payudara bisa membesar dua atau tiga kali lipat, demikian disampaikan Sherry Ross, MD, dokter spesialis kandungan dan kebidanan di Providence Saint John's Health Center.

Baca juga: Tumbuh Rambut di Perut Saat Hamil, Ngalamin Nggak, Bun?

Maka dari itu, Ross menekankan pentingnya buat ibu hamil memakai bra yang nyaman selama hamil. Apalagi, payudara juga jadi lebih sensitif selama hamil nih, Bun. Tahu nggak, Bun, vagina juga bisa membengkak lho selama hamil.

"Vulva dan vagina adalah area umum terjadinya pembengkakan terutama di trimester kedua dan ketiga. Singkatnya, bagian tubuh yang ada pembuluh darah di sana, bisa membengkak karena darah akan mengalir ke area itu lebih besar. Selain itu, vagina bisa terasa lebih sesak karena tekanan rahim di pembuluh darah pelvis," kata Ross.

Alhasil, kadang hubungan intim terasa nggak nyaman. Kata Ross, meski nggak ada pakaian khusus untuk mengkompresi bagian vagina, minimal menggunakan pakaian yang bisa mendukung perut dengan fleksibel akan amat membantu. dr Yuslam Edi Fidianto SpOG dari RS Mayapada Lebak Bulus mengatakan kalau pada ibu hamil akan terjadi kenaikan jumlah atau volume darah. Dalam kondisi nggak hamil, volume darah sekitar 5 liter. Nah, terjadilah perubahan ketika bunda hamil.

"Di usia kehamilan 28 minggu, volume darah naik jadi 6 liter. Nanti, saat usia kehamilan 32-34 minggu, volume darah jadi 7 liter. Nah, yang mengalami kenaikan itu plasma darah. Karena plasma darahnya makin banyak dan tekanannya makin tinggi, jadilah plasma darah ini merembes melalui pori-pori pembuluh darah dan mengisi jaringan sekitarnya," kata dr Yuslam.

Baca juga: Yang Perlu Bunda Tahu tentang Kaki Bengkak Saat Hamil (rdn)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!