sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda Hamil Boleh kok Bersepeda, tapi Ketahui Dahulu Rambu dan Risikonya

Amira Salsabila   |   Haibunda Senin, 03 Jan 2022 07:00 WIB
Ibu Hamil Ilustrasi bunda hamil. Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn

Jakarta - Bersepeda adalah salah satu aktivitas olahraga yang terbukti bermanfaat bagi Bunda selama kehamilan. Namun, bersepeda saat hamil tak bisa dilakukan begitu saja Bunda, ada beberapa ketentuan supaya janin tetap aman dan sehat.

Bersepeda saat hamil berbeda dengan bersepeda seperti biasanya. Ada beberapa risiko dan tindakan pencegahan yang perlu Bunda pahami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bersepeda saat mengandung Si Kecil.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bersepeda selama kehamilan, simak penjelasan berikut ini, ya Bunda.


Apakah aman bersepeda saat hamil?

Singkatnya, ya. Dari segi kesehatan untuk diri sendiri dan janin, aman bersepeda saat hamil. Secara keseluruhan, mengayuh sepeda saat hamil adalah latihan aerobik yang aman dan berdampak rendah untuk dilakukan saat hamil.

“Secara umum, risiko bio-mekanis yang terkait dengan bersepeda adalah minimal,” kata Leah Keller, pendiri Every Mother, dikutip dari Verywell Family.

Selama Bunda masih ingin bersepeda dan dokter mengatakan tidak masalah, aman untuk bersepeda saat hamil.

Risiko bersepeda saat hamil

1. Trimester pertama

Bersepeda selama awal kehamilan perlu dilakukan dengan sangat hati-hati, ya Bunda. Pada trimester ini, janin mulai berkembang di dalam rahim dan membuat rumah untuk dirinya sendiri.

Jadi, penting untuk mengurangi segala jenis gangguan eksternal terhadapnya. Bersepeda, pada trimester pertama kehamilan, harus dibatasi seminimal mungkin dan harus dilakukan hanya jika Bunda menginginkannya.

Jika Bunda merasa mual atau terlalu lelah, jangan memaksakan diri untuk bersepeda. Jauhi jalan bergelombang, karena goncangan dapat berdampak pada kesehatan janin, mengganggu keseimbangan, dan meningkatkan kemungkinan jatuh yang dapat mengakibatkan keguguran.

2. Trimester kedua

Ketika Bunda memasuki trimester kedua kehamilan, janin akan berkembang pesat di dalam rahim. Kemungkinan tingkat keguguran akan berkurang pada trimester ini. pada saat yang sama, banyak wanita cenderung mendapatkan kembali kekuatan awalnya dan merasa segar kembali.

Memilih untuk bersepeda, terbukti bermanfaat bagi ibu hamil. Ini membantu menjaga berat badan Bunda tetap terkendali dan meredakan sakit atau nyeri dengan memberikan otot dan persendian Bunda latihan yang mereka butuhkan. Namun, Bunda tetap perlu hati-hati dan jangan terlalu lelah.

3. Trimester ketiga

Pada trimester ini, perut mulai menjadi lebih menonjol dan mungkin gerakan Bunda juga dibatasi. Hal ini dapat menimbulkan masalah dalam bersepeda karena dapat menimbulkan Bunda lelah.

Lalu, apa saja manfaat dan tindakan pencegahan yang harus Bunda ambil saat bersepeda? Simak di halaman berikutnya, ya Bunda.

MANFAAT DAN TINDAKAN BERSEPEDA SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!