kehamilan

Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Amelia Sewaka Kamis, 09 Nov 2017 17:00 WIB
Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil
Jakarta - Saat hamil, apalagi ketika usia kehamilan bertambah, ada berbagai keluhan yang mampir ke tubuh seorang bunda. Misalnya nih, nyeri punggung, rasa begah, sakit pinggang dan nyeri lainnya.

Nah, salah satu cara yang bisa kita coba untuk mengurangi keluhan saat hamil adalah dengan melakukan yoga. Tapi nggak sembarang yoga juga lho, Bun. Untuk ibu hamil ada yang namanya prenatal gentle yoga.

Kegiatan ini paling aman dilakukan ketika usia kehamilan 20 minggu. Pada usia ini asumsinya plasenta udah melekat dengan baik, jadi aman melakukan gerakan apapun selama itu ringan.

"Tapi kalau mau melakukan (yoga) kurang dari 20 minggu boleh saja dengan catatan nggak ada keluhan kayak flek," papar Jamilatus Sa'diyah, seorang pendamping persalinan atau doula yang ditemui HaiBunda di Pro V Clinic, Permata Hijau Selatan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.


Doula yang akrab disapa Mila ini menjelaskan ibu-ibu pada zaman dulu umumnya memiliki panggul yang siap banget untuk melahirkan. Kenapa? Karena ibu-ibu zaman dulu lebih banyak bergerak, kalau ke mana-mana lebih banyak berjalan. Selain itu dalam melakukan kegiatan rumah tangga seperti bersih-bersih rumah juga dilakukan sendiri secara manual atau tanpa alat-alat listrik.

Sedangkan ibu-ibu zaman sekarang sudah sangat dimudahkan oleh perkembangan teknologi. Alhasil jadi tidak bergerak sebanyak ibu-ibu zaman dulu. Karena itu ibu-ibu hamil dianjurkan untuk bergerak atau olah fisik dalam batasan yang aman.

"Kalau sekarang ibu hamil yang ke sini (klinik) aja kebanyakan di depan laptop atau ibu yang bekerja sehari-harinya depan laptop. Otomatis panggul pun jarang kelatih. Nah di yoga ini fungsinya untuk melenturkan otot panggul jadi ibu juga siap saat persalinan," sambung doula yang telah menyelesaikan pendidikan bidannya ini.

Apakah prenatal gentle yoga sama dengan senam hamil? Ternyata beda lho. Gerakan yoga ini lebih banyak melakukan peregangan atau stretching. prenatal gentle yoga juga melatih pernapasan agar saat bersalin ibu tetap merasa nyaman. Apalagi nih Bun, banyak lho bunda yang napasnya pendek dan terengap-engap saat melahirkan.

"Dalam yoga ini kita latih napas ibu supaya saat kontraksi di kamar bersalin sang ibu bisa mengolah dengan baik napasnya, ketika ia bisa mengolah napasnya maka ia bisa mengolah rasa nyeri dan pikirannya," tutur perempuan yang akrab disapa Mila ini.

Ketika pikiran bisa dikuasai oleh ibu hamil, rasa sensasi apapun yang datang bisa dikuasai. Sayangnya, menurut Mila, banyak ibu yang belum sadar akan hal ini jadi mereka juga nggak melatih napasnya. Itulah yang terkadang membuat ibu terengah-engah atau napasnya pendek.

Menurut Mila, prenatal gentle yoga bisa membantu mengurangi keluhan back pain. Ini karena dalam yoga, postur tulang punggungnya dibenarkan supaya nyerinya berkurang dan perlahan hilang. Tapi gerakannya harus diikuti dengan benar ya, Bun.

"Sakit pada bokong, selangkangan dan lainnya dengan yoga dapat berkurang dan memang nggak harus timbul. Jadi jika ada yang bilang itu wajar karena ibu hamil, sebenarnya nggak gitu juga kok. Ketika ibu hamil nggak merasa sakit atau nyeri apapun berarti tubuhnya dalam keadaan seimbang," papar Mila.
(Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi