kehamilan

Cerita Unik Bayi yang Malah Tertidur Jelang Lahir

Asri Ediyati Sabtu, 25 Nov 2017 10:00 WIB
Cerita Unik Bayi yang Malah Tertidur Jelang Lahir
Jakarta - Selama proses persalinan nggak cuma bunda yang berjuang tapi juga bayi yang berusaha gimana caranya supaya dia cepat hadir ke dunia. He-he-he. Nah, ada cerita yang bisa dibilang cukup unik nih, Bun. Seorang bayi malah tertidur jelang dia lahir.

Pengalaman unik ini dialami sahabat HaiBunda bernama Liana. Dia bilang bayinya tertidur saat mau dilahirkan. Padahal ujung kepalanya udah terlihat. Kok bisa sih, Bunda Liana?

"Waktu menjelang lahiran, pembukaan tiga aku agak lama. Di hari kamis, tanggal 4 Mei 2017 siang, aku udah merasa sakit dan mules, setelah ke bidan udah pembukaan ketiga. Berlanjut sampai tengah malam dan besok siangnya masih di pembukaan tiga. Lalu, kaki aku mulai membengkak," papar Liana waktu ngobrol sama HaiBunda.


Menjelang waktu Maghrib, Liana mulas dan kontraksi makin menjadi. Meski saat itu hujan, dia tetap pergi ke bidan. Tapi nggak beberapa lama, ketuban Liana pecah sedangkan jalan lahir masih berhenti di pembukaan tiga.


"Sementara tensi aku mulai naik dan kaki masih bengkak. Jadi sama bidan dirujuk ke RS. Setelah di UGD Rumah sakit, mulai cek semuanya. Ternyata darah aku tinggi, kaki bengkak dan ada kelebihan protein," papar Liana.

Sambil menunggu pembukaan lengkap, Liana dikasih obat penurun darah tinggi. Keesokan harinya, tepat setelah waktu Subuh, pembukaan lengkap, tensi sudah stabil dan posisi si kecil udah siap untuk dilahirkan.

"Tapi ternyata kata dokter, anakku di dalam tidur. Jadi dia nggak bantu untuk dorong keluar. Akhirnya dibantu vakum, lahirlah anakku jam 06.32 pagi," kata Liana.

Soal bayinya yang tertidur saat mau dilahirkan, Liana berasumsi bisa jadi karena ini pengaruh kebiasaannya bangun siang selama cuti jelang melahirkan. Liana juga berpikir siapa tahu pas kebetulan aja si kecil capek karena menurut dia selama di perut bayinya itu memang aktif, bahkan saat dipantau sebelum sang bunda melahirkan. Hmm, kalau menurut Bunda gimana? Ada hubungannya nggak?

Kasus bayi tertidur saat mau dilahirkan secara normal ini memang tergolong langka, Bun. Bahkan menurut Cecilia Mitchell, doula dan pendidik persalinan asal AS, belum pernah ia menemukan bayi tertidur saat dilahirkan selama melayani lebih dari 500 persalinan.

"Anak yang mau dilahirkan nggak akan tidur, kecuali ibunya diberikan obat-obatan yang cukup keras sebelumnya," jawab Cecillia di forum Quora.

Kejadian Liana ini bisa dibilang cukup unik ya, Bun. Apakah Bunda atau kerabat Bunda pernah mengalami kejadian seperti yang dialami Liana? Yuk, bagikan ceritanya di kolom komentar.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi