kehamilan

BAB Saat Melahirkan, Normal Nggak Sih?

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 18 Apr 2018 15:03 WIB
BAB Saat Melahirkan, Normal Nggak Sih?
Jakarta - Segala hal bisa terjadi ketika melahirkan. Salah satunya adalah Buang Air Besar (BAB) saat sedang mengejan. Mungkin kita bisa malu kalau mengalami hal ini. Tapi, nyatanya kita para ibu nggak perlu malu kok, Bun.

Seperti kata dr Christine Greves dari Center for Obstetrics and Gynecology di Orland Health, ketika seorang wanita BAB selama proses bersalin itu tandanya mereka menggunakan otot yang benar, Bun. Jadi, Christine menekankan para ibu nggak perlu malu ketika akhirnya harus BAB ketika sedang berusaha melahirkan si kecil ke dunia.

Memang, RS jarang ada yang punya data berapa jumlah ibu yang BAB selama proses bersalin. Tapi, yang perlu kita tahu nih, BAB saat bersalin adalah hal yang umum terjadi karena otot yang dipakai saat melahirkan sama dengan yang dipakai saat BAB. Terlebih, ada keuntungan lain lho, Bun, ketika ibu BAB selama proses melahirkan.


"BAB saat melahirkan bisa membantu bayi membangun mikrobiome-nya. Bayi baru lahir belum punya mikrobiome. Bayi lahir dengan usus yang steril dan mereka nggak punya bakteri baik di usus besarnya," kata Tracy Shafizadeh, direktur scientific communication di Evolve BioSystems kepada Today.



Kata Tracy mungkin kita bakal merasa malu karena BAB saat bersalin karena orang lain dalam hal ini tim medis melihat kita. Tapi, Tracy menekankan bunda nggak perlu malu karena ini jadi salah satu cara bakteri ditransfer ke bayi. Satu bakteri yang penting buat bayi kata Tracy adalah B. infantis yang bisa mencegah serangan bakteri jahat seperti E. coli, Staphylococcus dan Streptococcus.

"Bakteri baik ini penting untuk enam bulan pertama kehidupan bayi untuk membangun sistem imun bayi dan membantu membentuk bakteri baik di pencernaan bayi. Jadi, para ibu nggak perlu malu kalau BAB saat bersalin ya. Sekali lagi, ini normal," kata Tracy.

BAB saat melahirkan juga ada lho, Bun, kaitannya sama mengejan yang benar. Seperti kata dr Andriana Kumala Dewi dari RS Bethsaida, Tangerang, mengejan yang benar itu kayak kita sedang BAB. Nah saat bersalin itu memang ada perasaan ingin BAB karena ada saraf di bawah yang saat kepala bayi menurun dan mengenai saraf tersebut dan timbul rasa ingin BAB.

"Tapi ibu jangan mengangkat pantat saat melahirkan ya karena jika mengejan sambil mengangkat pantat dikhawatirkan luka robekan akan lebih luas," kata dr Andriana dilansir detikHealth.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi