MOM'S LIFE

Curhat Ibu Soal Tubuhnya Usai Melahirkan yang Jadi Viral

Asri Ediyati 12 Okt 2017
Elise Raquel bersama anaknya yang ketiga (Foto: Instagram/ @raisingyoungloves) Elise Raquel bersama anaknya yang ketiga (Foto: Instagram/ @raisingyoungloves)
Sydney, Australia - Perut kembali rata setelah melahirkan bisa jadi impian semua ibu. Bahkan yang belum melahirkan pun sering berandai-andai setelah melahirkan tubuhnya bisa langsing lagi bak selebriti di TV. Padahal, nggak ada yang tahu bagaimana realitanya nanti. Nah, baru-baru ini seorang ibu asal Australia, Elise Requel mengunggah foto candid tubuhnya beberapa jam setelah melahirkan. Unggahan di Instagramnya pun jadi viral, Bun.

Foto Elise menunjukkan kalau perut kembali seperti semula setelah melahirkan hanyalah mitos belaka. Ia menulis caption yang berisi pesan bagi seluruh ibu di dunia. Unggahan pertamanya, yakni foto sesaat ketika melahirkan si kecil Willa pada Juli silam. Ukuran perutnya sama dengan perut ibu yang sedang hamil besar. Seketika unggahannya menjadi viral dan pada bulan Oktober ini, ia kembali mengungkapkan 'unek-uneknya'.

Baca juga: 'Perut Kembali Rata Setelah Melahirkan Tak Semudah yang Dibayangkan'

"Saat saya hamil Peyton, saya benar-benar tidak tahu seperti apa postpartum itu sebenarnya, dan saya yakin kalau kalian tidak akan sepenuhnya mengerti sampai kalian benar-benar memiliki bayi! Saya adalah orang pertama di antara teman-teman yang hamil. Jadi, saat itu saya tidak memiliki 'sarana' untuk menanyakan semua pertanyaan tentang kehamilan dan kelahiran," tulis Elise di caption Instagramnya.

Elise mengaku, saat itu dokternya lebih peduli untuk menentukan tanggal induksi medis. Dokternya nggak menjelaskan ke Elise seperti apa postpartum itu. Nggak ada pula yang memberi tahu realita trimester keempat.

Kata Elise, saat hamil anak pertama, ia bersikeras mengembalikan bentuk tubuhnya. Dan pada saat itu, semua orang di sekitarnya bilang dirinya masih muda sehingga berat dan bentuk badannya akan kembali dengan cepat.

"Sama seperti kebanyakan wanita lainnya, saya juga sering melihat ke media, selebriti yang memamerkan tubuh postpartum beberapa minggu setelah melahirkan. Saya pikir tubuh saya nantinya akan seperti itu juga. Tapi, ketika saya pulang dari rumah sakit empat hari setelah melahirkan, masih seperti ibu hamil enam bulan, saya pikir ada yang salah dengan tubuh saya," ungkapnya.

Meskipun sudah melahirkan tiga kali, Elise mengaku masih aneh rasanya saat melihat perutnya yang masih besar. Ia merasa nggak mudah untuk pulang dengan bayi dan masih harus memakai baju hamil.

Elise merasa trimester keempat adalah topik tabu. Ia ingin ibu lain juga perlu mengerti kalau kondisi tiap orang berbeda. Bahwa apapun cerita perjalanan postpartum-nya, semuanya adalah wajar dan normal. Yang jelas Elise meminta para ibu untuk melakukan terbaik untuk dirinya sendiri dan anaknya.

Baca juga: 'Tulisan Itu Ubah Pandanganku Soal Perubahan Bobot Pasca Melahirkan'

"Di setiap kehamilan, berat badan saya yang semula sudah besar bertambah lagi beberapa kilo. Begitu pula dengan stretch mark-nya yang juga bertambah. Dulu saya ingin selalu menutup rapat tubuh ini. Kemudian, saya sadar tubuh ini pernah mengandung tiga anak. Saya menyadari bahwa tubuh postpartum bukanlah sesuatu untuk disembunyikan! Saya merasa bangga dengan apa yang telah diberikan Tuhan pada tubuh ini," paparnya dalam caption fotonya yang diunggah di bulan Juli.

Elise bersyukur bahwa tubuhnya mampu melahirkan anak-anaknya secara normal dan natural. Ia mengaku nggak akan malu dengan stretchmark tambahan dan tubuhnya setelah melahirkan. Ia mengajak para ibu untuk bersyukur atas tubuh postpastum masing-masing. Elise bilang, tubuh wanita itu luar biasa dan ia sangat bangga dengan apa yang telah ia lakukan selama ini.

[Gambas:Instagram]

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi