kehamilan

Wah! Ibu Ini Melahirkan di Rumah dalam Waktu 9 Menit

Asri Ediyati Rabu, 15 Aug 2018 10:55 WIB
Wah! Ibu Ini Melahirkan di Rumah dalam Waktu 9 Menit
Wythenshawe, Manchester - Saat pertama kali melahirkan, seorang ibu biasanya menjalani persalinan dalam kisaran waktu 12-18 jam. Nah, seorang ibu baru bernama Nicole Jamieson, dipercaya menjadi ibu pertama dengan waktu melahirkan tercepat yakni 9 menit.

Pada tanggal 7 Mei lalu Nicole melahirkan anak pertamanya. Nicole juga dikabarkan hanya menghabiskan waktu dua menit untuk mendorong bayinya keluar.Semua bermula ketika Nicole beranjak dari tempat tidurnya untuk ke toilet saat tengah malam. Ternyata Nicole mengalami kontraksi hebat di dalam toilet. Ia bahkan nggak sadar sedang dalam proses persalinan dan awalnya mengira hanya butuh buang air kecil. Nicole sendiri mengaku hari perkiraan lahirnya masih tiga minggu lagi.

"Sebelum melahirkan, saya bercerita dengan Jack dan saya tertawa kencang saat Jack membuat lelucon. Saya menangis dengan tawa sehingga saya menduga kalau itu penyebabnya. Setelah itu saya beranjak ingin tidur, tetapi ketika saya berbalik, saya merasa ada tekanan besar di perut dan air keluar mengalir deras membasahi kaki saya. Ternyata ketuban pecah dan saya tak sadar kalau itu air ketuban," tutur Nicole dilansir Mirror.

Nicole berlari ke kamar mandi, mengira dia buang air kecil di celana. Setelah tujuh menit tiba-tiba Nicole merasa perlu mendorong bayinya keluar. Ia langsung duduk di lantai kamar mandi. Sementara itu, Jack hampir melewatkan proses persalinan Nicole karena mencari sinyal di luar rumah untuk menghubungi ambulans.

"Tim medis tiba setelah setengah jam untuk memeriksa, memotong tali pusar dan membawa kami ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan," tutur Nicole.

Nicole telah dijadwalkan untuk diinduksi pada 25 Mei karena memilikiPAPP-A rendah yang dapat menyebabkan masalah pada plasenta, mengakibatkan komplikasi seperti pertumbuhan janin terbatas,preeklampsia, kelahiran prematur atau kematian janin. Untungnya, setelah melahirkan dan diperiksaNicole hanya butuh parasetamol.
Wah! Ibu Ini Melahirkan di Rumah dalam Waktu 9 MenitToilet Tempat Nicole Jamison Melahirkan/ Foto: Istimewa




"Total saya melahirkan dalam waktu sembilan menit dari pecahnya air ketuban. Saya mendorong bayi saya selama dua menit. Rasanya tidak sakit tetapi saya tidak benar-benar tahu apa yang sedang terjadi. Jack menangkap bayinya dan menaruhnya ke dada saya. Kemudian bayinya pipis dan mulai menangis, jadi saya tahu dia baik-baik saja," ujar Nicole.

Clare Livingstone, penasehat kebijakan profesional di Royal College of Midwives (RCM) bilang setiap wanita unik dan setiap kehamilan individu akan berbeda. Namun, jika pernah terjadi sesuatu pada kehamilan sebelumnya lebih baik ibu hamil mempersiapkan segalanya jauh sebelum hari perkiraan lahir.

"Melahirkan dengan sangat cepat umumnya bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun, ada baiknya untuk mencari pendamping persalinan seandainya pasangan tidak dapat datang tepat waktu. Lalu, perawatan pasca melahirkan itu sangat penting, terlepas dari lamanya persalinan atau jenis persalinan," kata Clare dilansir Daily Mail.

Periode pascanatal seringkali menjadi waktu yang sangat sulit bagi wanita. Kata Clare, dukungan yang baik sangat penting untuk hasil terbaik, termasuk menyusui dengan sukses, dekatnya ikatan ibu dan anak, serta kesehatan fisik dan kesehatan mental ibu yang baik.
Wah! Ibu Ini Melahirkan di Rumah dalam Waktu 9 Menit/ Nicole Jamison Melahirkan di Rumah dalam Waktu 9 Menit/ Foto: Istimewa


(aci/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi