kehamilan

Curhat Istri Alec Baldwin tentang Rambut Rontok Usai Melahirkan

Asri Ediyati Rabu, 01 Aug 2018 07:05 WIB
Curhat Istri Alec Baldwin tentang Rambut Rontok Usai Melahirkan
Los Angeles - Berbagai perubahan lumrah dialami ibu setelah melahirkan. Salah satunya seperti yang terjadi pada istri Alec Baldwin, Hilaria Baldwin. Baru-baru ini Hilaria berbagi pengalaman soal rambutnya yang rontok setelah melahirkan. Bunda juga pernah mengalaminya?

Hilaria Baldwin melahirkan anak keempatnya di bulan Mei tahun ini. Meski begitu, sampai saat ini dia masih mengalami kerontokan rambut pasca melahirkan atau yang biasa disebut postpartum hair loss.

"Satu hal yang saya tak persiapkan untuk pertama kali adalah kerontokan rambut usai melahirkan. Menurut saya itu adalah hal yang paling saya takuti ketika memiliki bayi. Rambut saya selalu rontok sekarang. Kata dokter, kerontokan ini terjadi sekitar 3 bulan, kemudian berkurang hingga akhirnya normal enam minggu setelahnya," kata Hilaria di akun Instagramnya.


Kata Hilaria Baldwin, proses rambutnya tumbuh kembali cukup aneh. Soalnya, rambut-rambut kecil tumbuh menjuntai di seluruh kepalanya. Hilaria Baldwin juga berkonsultasi ke dokter kulit. Ia disarankan mengonsumsi vitamin untuk mempercepat pertumbuhan rambut meskipun kerontokan rambutnya nggak bisa berhenti.

[Gambas:Instagram]





Memang kondisi rambut rontok setelah melahirkan belum terlalu banyak dibicarakan ya, Bun. Akan tetapi rambut rontok setelah melahirkan itu sangat umum. Hal ini disampaikan oleh Gary Goldenberg MD, asisten profesor klinis dermatologi di Sekolah Kedokteran Icahn di Mount Sinai Hospital, New York City. Menurutnya ia melihat pasien seperti itu hampir setiap hari. Kebanyakan dari pasien menyadari kerontokan rambut di sisir, bak mandi atau bahkan saat tangan memegang rambut. Kata Gary hal tersebut bisa menambah stres.

"Selama kehamilan, tubuh wanita mengeluarkan nutrisi dari folikel rambutnya untuk fokus pada area lain, seperti mendapatkan nutrisi yang tepat untuk janin yang sedang tumbuh," kata Gary kepada Yahoo Lifestyle.

Sementara itu, Joshua Zeichner MD, dokter kulit bersertifikat di New York City mengatakan, rambut juga dapat terlihat lebih tebal selama kehamilan karena melambatnya pertumbuhan normal rambut, dari tahap pertumbuhan ke tahap istirahat. Akibatnya, rambut wanita akan rontok usai melahirkan.

"Setelah seorang wanita melahirkan, kadar hormonnya menurun dan menyebabkan rambutnya rontok dengan cepat," tutur Joshua.

Jika ini terjadi, kita nggak perlu khawatir berlebihan, Bun. Untuk mengatasinya, Bunda bisa mengonsumsi vitamin seperti biotin dan vitamin B. Atau, Bunda juga bisa melakukan suntikan plasma yang kaya akan trombosit ke folikel rambut sehingga dapat membantu mempercepat pertumbuhan kembali rambut. Meskipun, cara itu nggak terlalu efektif untuk menghentikan kerontokan rambut.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi