kehamilan

Cerita Persalinan di Medsos Bisa Bikin Ibu Alami Tocophopia

Asri Ediyati Sabtu, 15 Sep 2018 18:02 WIB
Cerita Persalinan di Medsos Bisa Bikin Ibu Alami Tocophopia
Jakarta - Hati-hati jika menceritakan persalinan di media sosial (medsos), Bun. Menurut Catriona Jones dari University of Hull, cerita persalinan yang ada di medsos bisa meningkatkan tocophobia di kalangan ibu-ibu.

Apa itu tocophobia? Tocophobia adalah ketakutan akan melahirkan, lho.

"Jika kita mengunjungi forum ibu-ibu, beberapa orang menceritakan cerita persalinannya. Nggak sedikit yang bercerita detail sampai bagian mengerikannya, bahkan ada yang bilang persalinan seperti 'mandi darah'. Saya rasa itu bisa mencegah seorang wanita untuk hamil," kata Catriona dikutip dari Independent.


Kata Catriona, cerita-cerita persalinan dengan penyampaian yang negatif di media sosial bisa menimbulkan kegelisahan. Membacanya saja seakan sedang hamil dan akan mengalami hal yang nggak menyenangkan. Beberapa wanita dilaporkan National Health Service (NHS) juga memilih operasi caesar karena sudah takut duluan untuk menjalani persalinan normal.

Cerita Persalinan di Medsos Bisa Bikin Ibu Alami Tocophopia/ Foto: thinkstock




Namun, menurut Justine Roberts, pendiri dan CEO Mumsnet, forum ibu-ibu di Inggris, setiap wanita berhak menceritakan persalinannya di forum, mulai dari yang bikin bahagia hingga menakutkan. Komentar Justine Roberts didukung oleh pemimpin redaksi Netmums, Annie O'Leary, ia kecewa pada klaim bahwa situs-situs dan forum ibu-ibu bisa menanamkan rasa takut akan melahirkan.

"Sebagian besar ibu melihatnya sebagai hal positif bahwa kita hidup di zaman kita bisa berdiskusi tentang proses persalinan yang benar, akurat dan nyata tanpa ditutup-tutupi terutama bagian yang menyeramkan," kata Annie.

Jika ditarik kesimpulannya, memang setiap proses persalinan itu berbeda dan 'cerita horor' yang dibagikan oleh beberapa ibu mungkin karena pengalaman mereka saat melahirkan seperti itu. Jadi, sebagai pembaca dan pencari informasi, kita harus lebih bijak dan cerdas, Bun.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi