kehamilan

Pola Makan Tepat untuk Ibu Hamil Anak Kembar

dr Jolinda Johary Jumat, 26 Oct 2018 17:01 WIB
Pola Makan Tepat untuk Ibu Hamil Anak Kembar
Jakarta - Kehamilan jadi hal yang ditunggu-tunggu pasangan suami istri. Kadang, Bunda pun bingung dengan pola makan seperti apa yang baiknya diterapkan, terlebih bila hamil anak kembar. Pasalnya, energi yang dibutuhkan saat hamil anak kembar lebih besar daripada mengandung anak tunggal.

Jadi, pola makan Bunda harus diatur dengan benar agar nutrisi untuk tubuh dan bayi di kandungan tetap terjaga. Berikut ini 6 poin pola makan yang disarankan untuk ibu yang hamil anak kembar.

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein, zat besi, dan magnesium


Makanan dengan kandungan protein dan zat besi yang tinggi penting untuk membantu perkembangan, pertumbuhan dan produksi darah yang sehat bagi si kembar. Bunda dapat mengonsumsi 50 gram protein dan 30 gram zat besi per hari dengan makan daging merah tanpa lemak, kacang-kacangan, ikan, produk kedelai dan lain-lain.

Hindari konsumsi daging berlemak. Kemudian, konsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti almond, yoghurt, dann tofu untuk bantu mengurangi risiko bayi lahir prematur.



2. Karbohidrat kompleks yang sehat

Karena sedang hamil anak kembar, penting bagi Bunda memiliki energi yang cukup. Nah, energi yang cukup bisa didapat dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks yang sehat. Karbohidrat kompleks terkandung dalam makanan yang mengandung gandum seperti roti gandum, sereal gandum, oatmeal atau nasi merah. Disarankan Bunda mengurangi konsumsi nasi putih yang memiliki kandungan gula tinggi dan memperbanyak konsumsi sumber karbohidrat kompleks.

Ilustrasi pola makan ibu hamil anak kembarIlustrasi pola makan ibu hamil anak kembar/ Foto: iStock
3. Makanan berserat

Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C dan D, mineral yang cukup serta kalsium. Bunda wajib mengonsumsi banyak sayuran terutama sayuran hijau seperti bayam atau selada dan buah-buahan seperti pisang, stroberi, dan pepaya yang kaya akan vitamin dan mineral.

Kemudian, konsumsi susu atau yoghurt yang tinggi kalsium untuk membantu pembentukan tulang bayi yang sehat. Makanan dengan kandungan serat tinggi bisa juga membantu mencegah konstipasi.

4. Jauhi makanan yang mengandung lemak jahat

Lemak jahat sangat tidak baik untuk kesehatan Bunda dan si kembar di kandungan. Maka, hindari makanan yang mengandung lemak jahat dan kurangi konsumsi makanan berkadar gula tinggi, bahan pengawet dan bahan kimia lain. Untuk memenuhi kebutuhan lemak, Bunda bisa mengonsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak sayur.




5. Perbanyak minum air putih

Ingat, penting banget bagi ibu hamil memenuhi kebutuhan cairan terlebih jika hamil anak kembar. Usahakan minum 10 gelas air putih per hari sebagai salah satu upaya detoksifikasi tubuh. Namun, kurangi konsumsi air putih di atas jam 8 malam agar Bunda dapat tidur dengan nyenyak, tanpa harus terbangun untuk buang air kecil.

6. Hindari beberapa jenis makanan berbahaya lainnya

Saat hamil, baiknya hindari makanan mentah seperti sushi. Kemudian, ikan, daging, seafood, atau telur mentah juga setengah matang. Jangan lupa, hindari pula asupan yang bisa memicu alergi pada Bunda ya.

*dr Jolinda Johary saat ini bergabung dengan go dok (rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi