kehamilan

Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Melahirkan

Siti Hafadzoh Senin, 05 Nov 2018 08:07 WIB
Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Melahirkan
Jakarta - Mungkin Bunda sudah nggak terpikir lagi untuk makan menjelang melahirkan. Tapi, bagaimana pun, Bunda harus tetap makan supaya punya energi selama proses melahirkan. Tentunya, nggak boleh sembarangan makan ya, Bun.

Ada beberapa makanan yang direkomendasikan ketika menjelang melahirkan, ketika melahirkan, dan setelah melahirkan. Dilansir What to Expect, berikut beberapa makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi sebelum, selama dan setelah melahirkan.

1. Makanan sebelum melahirkan


Jangan terlalu banyak konsumsi makanan yang berlemak dan terlalu berat dicerna. Konsumsilah makanan yang ringan dicerna tubuh. Makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum melahirkan misalnya sandwich, sup, jus buah, pasta, dan oatmeal.



2. Selama melahirkan

Beberapa jam menjelang melahirkan, beberapa bidan menyarankan ibu untuk tetap makan kalau lapar. Nah, disarankan konsumsi camilan ringan dan tidak berlebihan supaya tidak muntah.

Ilustrasi melahirkanIlustrasi melahirkan/ Foto: Thinkstock
Makanan yang baik dikonsumsi beberapa jam menuju melahirkan misalnya granola, potongan apel atau pisang. Perlu diingat, Bunda juga perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih atau jus pepaya sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

3. Setelah melahirkan

Selama proses melahirkan selama berjam-jam, tentu banyak energi yang terbuang. Bunda pasti juga merasa lapar. Setelah melahirkan, Bunda bisa mengonsumsi makanan apa pun yang dimau kok. Tapi, konsultasikan dulu pada dokter atau Bidan apakah ada makanan yang tidak boleh dikonsumsi.

Kalau Bunda ingin berat badan kembali normal setelah melahirkan, makannya perlu diatur. Nggak boleh berlebihan. Menurut nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, pengurangan berat badan pasca melahirkan bisa memakan waktu 3-9 bulan. Tapi nggak boleh konsumsi pil diet dan Bunda disarankan mengubah pola makan.

"Jadi tiga kali makan besar dan tiga kali makan snack. Snack di sini adalah buah segar, produk susu rendah lemak dan sandwich isi sayur," ujar Victoria kepada detikcom.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi