sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Langkah Atasi Nyeri Panggul Saat Hamil

Asri Ediyati Sabtu, 29 Dec 2018 13:54 WIB
Nyeri saraf panggul umum dikeluhkan sebagian besar ibu hamil. Berikut lima langkah untuk mengatasi nyerinya. caption
Jakarta - Saat hamil, Bunda sering merasakan sakit panggul nggak? Ternyata, rasa sakit di bagian panggul memang umum dikeluhkan ibu hamil lainnya, Lho.
Biasanya, hal itu disebabkan oleh perubahan tulang, seperti penyempitan tulang belakang, osteoartritis atau kondisi lain yang memengaruhi tulang belakang. Jika kondisinya sudah lebih serius, maka nyeri panggul itu disebut skiatika. Demikian dikutip dari Healthline.

Penyebab ibu hamil mengalami skiatika karena membawa beban ekstra (janin) membuat otot tegang. Lalu, ketika saraf terjepit, maka akan ada rasa sakit yang menusuk ke punggung, bokong, dan kaki. Jika Bunda merasa mengalami nyeri panggul, ada beberapa langkah yang setidaknya bisa mengatasi rasa nyeri.

Berikut dilansir Live Strong, lima langkah atasi nyeri saraf panggul saat hamil.


1. Beri waktu

Jika merasa nyeri, coba diamkan saja dulu, Bun. Karena kadang-kadang sakit linu panggul akan hilang tanpa pengobatan atau perawatan sama sekali. Namun, jika sudah tidak tahan jangan sungkan untuk konsultasi ke dokter.
5 Langkah Atasi Nyeri Panggul Saat Hamil5 Langkah Atasi Nyeri Panggul Saat Hamil/ Foto: Ari Saputra

2. Lakukan aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik sesuai saran dari ahli bisa membantu mengurangi nyeri panggul. Seorang ahli terapi fisik, dapat merekomendasikan latihan yang dapat meringankan beberapa tekanan pada saraf yang mengelola rasa sakit.

Bunda juga bisa melakukan chiropractic, metode terapi yang berfokus untuk mengoreksi tulang belakang, otot dan sendi saraf. Di samping itu, olahraga juga bermanfaat bagi bayi, karena Bunda tak perlu mengonsumsi obat.

3. Pijat lembut

Jika nyeri panggul, Bunda juga bisa minta pijat. Pijatan lembut di area panggul dapat membantu meringankan nyeri dan memberi rasa lega.

4. Terapi akupunktur

Bunda bisa mencari terapi alternatif untuk mengelola nyeri panggul. Salah satunya, akupunktur yang dapat membantu meringankan nyeri linu panggul tanpa menggunakan obat-obatan.

5. Kompres dan mandi air hangat

Saat tubuh sakit, cobalah kompres atau mandi dengan air hangat. Jangan lupa untuk memanjakan diri dengan berendam dalam bak mandi. Bunda juga bisa menyelipkan kompres hangat di punggung, pantat atau kaki untuk membantu meringankan rasa sakit.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi