sign up SIGN UP search


kehamilan

Nggak Perlu Panik, Simak Tips Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 20 Jan 2019 10:57 WIB
Beberapa Bunda ada yang mengeluh galal dan keputihan saat hamil. Gimana cara tepat mengatasinya? caption
Jakarta - Saat hamil, keputihan bisa dialami para Bunda. Memang keputihan ini normal, tapi kadang bisa menimbulkan keluhan gatal dan bikin para ibu hamil nggak nyaman ya, Bun. Tapi akan jauh lebih mengganggu jika dialami ibu hamil yang mengalami beberapa perubahan pada tubuhnya.

Kondisi ini, kata dr Finekri Abidin SpOG(K) dari RS YPK Mandiri adalah kondisi normal. Tapi, kalau sampai muncul keluhan gatal, Bunda perlu segera cek ke dokter ya. Terlebih, jika di vagina sampai ada keluhan cairan gatal dan berbau dari vagina. Baiknya segerea cek ke dokter ya, Bun.

"Dikhawatirkan ada keluhan jamur atau infeksiksi pada vagina. Sebenarnya, keputihan normal saat hamil tapi kalau sampai timbul keluhan gatal atau bau segera cek ke dokter ya," kata dr Finekri saat ngobrol dengan HaiBunda.




Ilustrasi keputihanIlustrasi keputihan/ Foto: thinkstock
Diungkap dr Finekri, sebenarnya wanita hamil lumrah mengalami keputihan. Nggak perlu dikhawatrirkan, selama keputihan nggak berwarna atau berbau busuk. Menurut dr Finek kalau nggak gatal, nggak berwarna hijau, keputihannya yang dialami normal karena memang produksi cairan ibu hamil meningkat.

"Selama nggak gatal, nggak berbau, keputihannya nggak berwarna hijau nggak masalah. Untuk mengatasinya cukup ganti celana dalam dengan yamg bersih dan kering," ujar dr Finekri.

Ingat, nggak perlu pakai pantyliner ya, Bun. Cukup ganti celana dalam dengan yang bersih dan kering. Jangan lupa, jaga area kewanitaan supaya nggak lembap. Selama nggak ada keluhan gatal, keluar cairan warna hijau atau cairan berwarna hanya dianjurkan untuk menjaga kebersihan area kewanitaan Bunda.

(rdn/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi