kehamilan

3 Tips Agar Bunda Cepat Hamil

Nabilla Putri Senin, 28 Jan 2019 11:37 WIB
3 Tips Agar Bunda Cepat Hamil
Jakarta - Banyak perempuan yang mendambakan agar cepat hamil, sehingga segala upaya pun ditempuh. Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan, Bunda bisa menempuh langkah berikut supaya keinginan hamil segera terwujud. Simak ya, Bun!

Perhatikan siklus haid

Dr Muliaman mengungkapkan, siklus haid berfungsi sebagai penentu terjadinya kehamilan. Jika memiliki siklus normal (28 hari), maka masa subur berada di hari ke-12 hingga ke-16, dihitung mulai dari hari pertama haid. Faktanya, siklus haid akan memengaruhi kalender kesuburan Bunda dan kemungkinan hamil dapat mencapai angka 80 persen.


Hitung masa subur

Setelah memperhatikan siklus haid, Bunda disarankan menghitung masa subur. Jangan sembarang hitung ya, Bun. Ovum atau sel telur, menurut penjelasan dr Muliaman, hanya bisa dibuahi dalam 48 jam setiap bulannya.

"Biasanya H-1 dan H+1 dari 14 hari dari hari pertama menstruasi. Hanya dalam dua hari ini wanita dianjurkan berhubungan dengan suami jika ingin terjadi kehamilan. Jadi harus benar-benar menghitung haid dan masa suburnya," jelas dr Muliaman kepada HaiBunda, Minggu (27/1/2019).

Dengan begitu, Bunda dapat melakukan hubungan intim di masa subur agar peluang terjadinya kehamilan lebih tinggi.

Konsumsi asupan nutrisi khusus

Selain memperhatikan siklus haid dan menghitung masa subur, Bunda harus memastikan, asupan yang dikonsumsi telah memenuhi kebutuhan harian. Di samping mengonsumsi makanan sehat, dr Muliaman menyarankan agar Bunda minum susu persiapan kehamilan.


Susu persiapan kehamilan, menurut Muliaman, mengandung nutrisi lengkap yang menjaga kesehatan reproduksi Bunda sehingga lebih memungkinkan terjadi kehamilan.

"Susu khusus ibu hamil difortifikasi sedemikian rupa untuk membantu persiapan kehamilan karena mengandung zinc, asam folat, dan zat besi. Nutrisi tersebut membantu mempertahankan kehamilan muda agar tidak mudah keguguran," paparnya.

Jika sedang dalam program hamil, minum susu persiapan kehamilan PRENAGEN esensis yang bisa menjaga sistem reproduksi agar berfungsi dengan baik. (mul/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi