kehamilan

Cerita 'Nano-nano' Nina Zatulini Lahirkan Anak Kedua

Amelia Sewaka Kamis, 31 Jan 2019 17:36 WIB
Cerita 'Nano-nano' Nina Zatulini Lahirkan Anak Kedua
Jakarta - Melahirkan itu 'nano-nano' rasanya. Ini juga yang dialami aktris cantik Nina Zatulini. Gimana nggak, Bun, pengalaman kelahiran anak pertama dan keduanya ternyata jauh berbeda dan hal ini sempat membuat ia dan suami panik mendekati kelahiran.

"Jadi aku tuh sebenarnya udah mules dari malam sebelumnya. Ya namanya ini anak kedua, pasti perbandingan kelahirannya ya di anak pertama, soalnya pas di anak pertama aku ke rumah sakit setelah flek keluar. Sedangkan ini baru mules aja belum flek. Dan kakak iparku juga saranin jangan ke rumah sakit dulu kalau belum terlalu mules daripada kelamaan di rumah sakit," papar Nina dilansir Insertlive.

Nina bercerita, saat melahirkan anak pertama, begitu keluar flek dia langsung ke rumah sakit dan diketahui baru pembukaan tiga. Setelah itu pembukaannya bertahap meningkat dan sampai si kecil lahir. Bisa dibilang, proses persalinannya memang agak panjang.


"Nah, anak kedua ini aku akuin agak sok tau nih, he-he. Merasa belum keluar flek, jadi aku tahan-tahan dulu, terus hitung kontraksinya juga di rumah, bahkan sempat banyak jalan dulu biar pembukaan lancar aja," imbuh istri dari Chandra Tauphan Ansar ini.

Masih berpatokan dengan flek yang keluar, Nina pun enggan ke rumah sakit. Namun, kontraksinya sudah teratur. Merasa aneh Nina pun menelpon rumah sakit dan dia diminta segera ke RS.

"Dari malam sampai subuh aku nggak bisa tidur, karena kontraksinya udah beraturan. Pas telepon, suster bilang kalau kontraksinya udah teratur gitu mending langsung ke rumah sakit ya sudah aku ke rumah sakit. Tapi nggak langsung ke ruang bersalin tuh, malah aku masih sempat urus administrasi kamar sama suami. Padahal harusnya aku cek dulu baru urus kamar," imbuh Nina Zatulini.
Cerita 'Nano-nano' Nina Zatulini Lahirkan Anak KeduaFoto: Ismail/detikFoto



Nah, baru setelah di kamar bersalin Nina merasakan kontraksi yang hebat dan tak tertahankan sampai ia hanya bisa tiduran. Nina sampai berkata, 'Sabar ya, Nak, sebentar lagi keluar'. Tak lama, Nina mengatakan hal tersebut pada calon buah hatinya, air ketubannya pun pecah.

"Rasanya si baby tuh kayak respons aku pas dibilang begitu. Alhamdulillah suamiku juga bersyukur, ternyata pas diperiksa sudah bukaan 8! Wah, stres sih, stresnya karena saat yang bersamaan dokternya belum ada," tutur ibu dari Kenzie Naratama Chandra.

Di saat yang sama banyak yang sedang melahirkan juga, Bun. Sehingga, keadaannya memang agak chaos. Meski akhirnya Nina melahirkan bukan dengan dokter yang biasa menanganinya, namun proses kelahiran anak keduanya ini terbilang cepat. Kurang lebih dalam waktu satu jam lahirlah Khanza Inara Chandra pada Minggu (27/1) pukul 11.20 WIB.

"Jujur, ini rasa sakitnya dua kali lipat dari yang pertama. Ya, mungkin karena diminta nahan ngejan untuk nunggu dokternya. Ya, walaupun sempat sok tahu, nahan ngejan dan melahirkan dengan dokter yang bukan biasa periksa aku yang penting alhamdulillah kelahiranku lancar," imbuh Nina Zatulini.
Cerita 'Nano-nano' Nina Zatulini Lahirkan Anak KeduaFoto: Ismail/detikFoto



Wah, bikin deg-degan ya cerita kelahiran Nina, Bun. Tapi seru juga, karena ternyata kelahiran anak pertama bisa berbeda jauh lho prosesnya dengan kelahiran anak kedua. Selamat ya Nina dan keluarga, sehat juga untuk dedek bayinya.

Ketika mendekati saat persalinan, ibu hamil akan merasakan kontraksi dari dalam perut. Tapi kontraksi seperti apa sih yang menunjukkan ibu hamil harus segera ke rumah sakit untuk bersalin?

Pertanda paling jelas jika Bunda akan melahirkan adalah terjadinya kontraksi. Apa lagi tandanya? Berikut tanda lain waktu kelahiran telah dekat dilansir detikcom.

1. Keluarnya lendir atau flek
2. Nyeri punggung
3. Kram
4. Air ketuban pecah
5. Gangguan Perut
6. Muntah
7. Kontraksi
8. Merasa tubuh lebih ringan
9. Menggigil
10. Nafsu makan meningkat


(aml/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi