kehamilan

Pengalaman Hamil Nina Zatulini: Mual Saat Sikat Gigi

Yuni Ayu Amida Selasa, 13 Aug 2019 13:06 WIB
Pengalaman Hamil Nina Zatulini: Mual Saat Sikat Gigi
Jakarta - Wanita hamil biasanya merasakan banyak perubahan baik secara fisik maupun psikologis. Hal ini juga dirasakan artis cantik Nina Zatulini.

Ditemui usai menghadiri sebuah acara di Jakarta beberapa waktu lalu, diceritakan istri Chandra Tauphan Ansar ini, semasa hamil, dia selalu mual bahkan muntah ketika sikat gigi dan kumur-kumur.

"Aku kalau lagi hamil, pasti langsung mual ketika lagi sikat gigi ataupun kumur-kumur. Anak ke satu dan dua sama enggak ada bedanya," tutur Nina Zatulini.




Awalnya, dia mengira kalau hal tersebut karena masalah lambung, mungkin perutnya kosong atau sebagainya. Namun ternyata, itu terjadi karena hormon kehamilan.

"Itu enggak enak banget, aku baru tahu kalau ternyata saat hamil itu kita bisa sensitif sama suatu bahan, ataupun aroma kimia segala macam, dan memang aku ngerasa waktu itu," jelas wanita berhijab ini.

Dalam kesempatan yang sama, dikatakan Dokter Umum dan Pemerhati Kesehatan Ibu dan Anak, dr.Annisa Oktantiani, MPH, apa yang dialami Nina ini wajar, Bun. Hal ini karena pengaruh hormon kehamilan.

"Pada masa kehamilan itu ada ketidakstabilan hormon ya, jadi yang awalnya, kok aku kayaknya enggak biasa kayak gini, tapi sekarang kayak gini, dan itu tadi dari psikologis juga, kita memasuki fase baru yang belum pernah kita lewati," papar wanita yang kerap disapa Tantiani ini.

Pengalaman Hamil Nina Zatulini: Mual Saat Sikat GigiNina Zatulini /Foto: Yuni Ayu Amida


Selain itu, Tantiani pun menyarankan agar ibu hamil lebih cermat lagi dalam memilih bahan atau produk yang dipakainya saat hamil, salah satunya penggunaan pasta gigi. Perlu Bunda tahu, ada beberapa bahan dari pasta gigi yang memang berbahaya seperti triclosan, SLS, paraben, perwarna, wangi-wangian, detergent, bahkan fluoride.

"Kalau pasta gigi mengandung fluoride bahaya kalau sampai tertelan, dalam keadaan tertentu bisa berefek ke janin, jadi memang perlu dihindari, untuk anak-anak juga kalau tertelan dalam jumlah yang banyak enggak baik," jelasnya.

Tantiani menambahkan, fluoride memang diperlukan untuk menguatkan email gigi, namun harus dipastikan jangan sampai tertelan saat menggunakannya. Dampak terparah dari ibu hamil menelan fluoride adalah meningkatnya risiko attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) pada anak.

"Itu hasil akumulasi, bukan pada saat sekali, tapi secara perlahan, dia lama-lama kadarnya banyak," terangnya.

Jadi Tantiani menyarankan, jika memang bisa, sebaiknya ibu hamil menggunakan bahan alami, seperti siwak atau pasta gigi yang memang aman untuk ibu hamil.

Simak pula tips hilangkan komedo dengan pasta gigi dan backing soda ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi