kehamilan

Posisi Tidur Terbaik agar Luka Operasi Caesar Cepat Sembuh

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 06 Mar 2019 17:33 WIB
Posisi Tidur Terbaik agar Luka Operasi Caesar Cepat Sembuh
Jakarta - Setelah melewati operasi caesar, sebagian ibu baru sangat kelelahan. Bahkan, membuat mereka sangat ngantuk dan ingin beristirahat.

Tapi tunggu dulu ya, Bun. Di tengah rasa kantuk yang kian berat, Bunda enggak boleh langsung tidur. Perhatikan posisi tidur agar pemulihan luka operasi caesar berjalan lebih cepat.

Selama pemulihan, sebaiknya hindari gerakan ekstrem. Kurangi aktivitas dengan memperbanyak istirahat di atas tempat tidur. Terlalu banyak gerak dapat membahayakan dan melukai area bekas sayatan caesar yang belum pulih.


"Ketika pulih dari operasi caesar, wanita harus berhati-hati untuk tidak membuat luka lebih lanjut di area bedah yang sensitif," kata Hillary Thompson, konsultan kesehatan dan kebugaran, dikutip dari Romper.


Posisi tidur sangat penting untuk diperhatikan, begitu pula dengan gerakan saat akan bangun. Bunda dapat menyiasatinya dengan memilih posisi tidur terbaik yang sesuai kenyamanan.

Dikatakan Thompson, posisi yang tepat akan menentukan kenyamanan saat tidur. Menurut Thompson, saat berbaring telentang sebaiknya menyediakan bantal untuk diletakkan di bawah lutut sebagai penopang. Hal ini berfungsi untuk memberikan kenyamanan untuk punggung bawah Bunda.

Posisi Tidur Terbaik Agar Luka Operasi Caesar Cepat SembuhTidur usai operasi caesar/ Foto: iStock
"Jika berbaring miring lebih disukai dan tidak terlalu menyakitkan, bantal sebaiknya diletakkan di antara lutut. Tetapi beberapa wanita lebih menyukai bantal di depan perutnya karena bisa memberikan kenyamanan dan perlindungan," kata Thompson.

Sementara bagi Bunda yang memiliki masalah tekanan darah, biasanya dokter akan merekomendasikan untuk menghindari posisi tidur telentang karena membuat tekanan darah tidak normal, seperti dikutip dari Check Pregnancy.


Sebagai gantinya, Bunda dapat mencoba posisi tidur lainnya. Misalnya, mencoba tidur tegak di kursi ketika Bunda merasa sangat kesakitan. Tapi kalau Bunda tidak merasa nyaman tidur di kursi, ganti posisi tubuh dengan meletakkan bantal untuk menopang tubuh ke posisi yang lebih nyaman. Bunda dapat meletakkan bantal tersebut di bawah lutut atau pinggul untuk mengurangi tekanan pada punggung bagian bawah.

Selamat mencoba!

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi