kehamilan

Jari Bengkak Saat Hamil Tua, Tasya Kamila Potong Cincin Kawin

Asri Ediyati Selasa, 26 Mar 2019 09:00 WIB
Jari Bengkak Saat Hamil Tua, Tasya Kamila Potong Cincin Kawin
Jakarta - Saat hamil Bunda akan mengalami perubahan, baik secara fisik, fisiologis, dan psikis. Seperti dialami Tasya Kamila yang jari-jarinya sampai bengkak di kehamilan 7 bulan, Bun.

Tasya sempat curhat di akun media sosialnya, tentang perubahan tubuh yang dialaminya. Jarinya bengkak dan berimbas pada cincin nikah dan pertunangannya.

Setelah berusaha mengeluarkan kedua cincin dengan berbagai cara, ternyata usahanya nihil. Jari manis di tangan kanannya malah terluka. Akhirnya ia memutuskan untuk pergi ke toko perhiasan supaya masalahnya teratasi.

"Update cincin hari ini, terasa tambah sakit ternyata karena luka dan bengkak. Terus temanku yang punya toko jewellery mau bantu potong cincinnya," kata Tasya lewat akun Instagram-nya @tasyakamila.

Sampai toko perhiasan pun tak bisa melepas cincinnya, alhasil kedua cincinnya dipotong dan diperbaiki meski cukup memakan waktu.

Jari Bengkak Saat Hamil Tua, Tasya Kamila Potong Cincin Kawin/Foto: dok. INstagram Stories Tasya Kamila Baca / Jari Bengkak Saat Hamil Tua, Tasya Kamila Potong Cincin Kawin/Foto: dok. INstagram Stories Tasya Kamila Baca / Foto: dok. INstagram Stories Tasya Kamila
"Akhirnya cincinku dipotong semua," tulisnya sambil menyelipkan emotikon sedih.

Wah, yang sabar ya Tasya. Semoga setelah hamil bisa pakai cincinnya lagi. Terkait hal yang dialami Tasya Kamila, menurut dokter spesialis kandungan, C. Joseph Cadle, MD, sulitnya cincin terlepas dari jari adalah ciri pasti seorang ibu mengalami tangan bengkak.

Lalu, apa penyebabnya? Kata Cadle, selama hamil tubuh ibu menghasilkan sekitar 50 persen darah dan cairan tubuh untuk membantu tumbuh kembang anak. Lalu, beberapa cairan tambahan akan mengisi jaringan, terutama di tangan, kaki, dan pergelangan kaki. Fungsi cairan tambahan ini untuk membiarkan sendi dan jaringan terbuka, siap untuk melahirkan.


"Biasanya akan ada pembengkakan lagi di sekitar bulan kelima, hingga trimester ketiga," tulis Cadle dikutip dari The Bump.

Cadle menyarankan jika pembengkakan terjadi sangat mendadak. Misalnya, hanya semalam ukuran jari sudah bengkak, segera ke dokter. Hal ini karena bisa jadi preeklampsia, yakni komplikasi yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan kadar protein tinggi dalam urin.

Jika jari bengkak, disarankan untuk ibu hamil menjaga asupan garam atau natrium. Lalu, Cadle bilang, coba konsumsi makanan yang tinggi kalium seperti pisang dan beri tangan kompres dingin.

Apakah tangan bengkak memengaruhi bayi? Setelah melahirkan, cairan ekstra tadi akan hilang. Jadi tidak memengaruhi si kecil, Bun.


[Gambas:Video 20detik]

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi