kehamilan

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan agar Bunda Cepat Hamil?

Zika Zakiya Rabu, 10 Apr 2019 13:31 WIB
Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan agar Bunda Cepat Hamil?
Jakarta - Kemampuan untuk cepat hamil memang bukan rezeki semua orang, Bunda. Namun, itu bukan berarti Bunda tidak subur atau pun punya masalah dengan sistem reproduksi.

Sebab, dalam sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Human Reproduction disebutkan bahwa memang ada waktu yang dibutuhkan oleh pasangan untuk cepat hamil. Studi ini berdasarkan pasangan yang memang sengaja untuk hamil, berhubungan intim di masa subur, dan tidak menggunakan pelindung.

Dari 346 pasangan, 310 di antaranya berhasil hamil. Jika dijabarkan waktu yang dibutuhkan untuk mereka hamil antara lain:


38 persen hamil dalam waktu sebulan
68 persen hamil dalam waktu tiga bulan
81 persen hamil dalam waktu enam bulan
92 persen hamil setelah 12 bulan

Dilansir The Bump, atas data ini para peneliti menyimpulkan bahwa sebagian besar pasangan hamil dalam waktu enam siklus masa berhubungan. Tapi jika sudah setahun mencoba dan gagal, para peneliti menyarankan agar Bunda segera mencari bantuan medis.

Perhitungkan juga masalah usia ya, Bunda. Ketika seorang perempuan sudah menua, kualitas telurnya akan menurun.


Ilustrasi hamilIlustrasi hamil/ Foto: iStock


Dikutip Ensiklopedia Kehamilan dan Kelahiran karya dr.Miriam Stoppard, statistik menunjukkan bahwa 90 persen wanita usia 20-an akan hamil dalam waktu setahun. Sisanya masih memiliki peluang yang baik untuk hamil secara alami dalam waktu setahun berikutnya.

Namun, wanita di usia 30-an akan memiliki kemungkinan statistik lebih rendah untuk hamil dalam setahun. Dianjurkan untuk mereka di rentang usia ini untuk segera berkonsultasi agar bisa cepat hamil.

[Gambas:Video Haibunda]

(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi