sign up SIGN UP search


kehamilan

Penting, Ibu Hamil Harus Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Naik Pesawat

Yuni Ayu Amida Senin, 22 Jun 2020 19:37 WIB
High angle view of happy parents and their small kids going on a trip by plane. Mother is pregnant. caption
Jakarta -

Hampir setiap orang suka melakukan perjalanan atau traveling, tak terkecuali wanita hamil. Nah, salah satu moda transportasi yang kerap digunakan untuk perjalanan jauh adalah pesawat. Dan bagi wanita hamil, ada yang harus diperhatikan sebelum naik pesawat.

Dikatakan dr.Boy Abidin, Sp.OG(K), hal pertama yang harus diperhatikan wanita hamil sebelum memutuskan bepergian dengan pesawat adalah usia kehamilan. Idealnya, usia kehamilan yang cukup aman untuk ibu naik pesawat adalah antara 12 minggu sampai 32 minggu.

Boy juga menyarankan ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan ke dokter sebelum naik pesawat. Tujuannya untuk memastikan kandungan sehat dan kuat jika harus bepergian jauh.


"Lakukanlah pemeriksaan ke dokter untuk memastikan bahwa kehamilan Anda aman untuk bepergian dengan pesawat udara," kata Boy Abidin, dikutip dari akun Instagram @boyspog, Senin (22/6/2020).

Tak hanya itu, selama di pesawat, Bunda juga disarankan untuk tidak terus duduk di kursi. Kata Boy, sebaiknya ibu hamil berjalan-jalan di lorong pesawat.

"Selama di pesawat usahakan jangan duduk terus ya, berjalan di lorong pesawat untuk memperlancar sirkulasi darah di kaki," saran Boy Abidin.

High angle view of happy parents and their small kids going on a trip by plane. Mother is pregnant.High angle view of happy parents and their small kids going on a trip by plane. Mother is pregnant./ Foto: iStock

Dan yang paling penting, Bunda harus banyak minum selama perjalanan agar terhindar dari dehidrasi. Serta saat bepergian jangan membawa barang-barang berat.

"Untuk ibu hamil yang bepergian dengan membawa barang, jangan bawa barang berat-berat ya. Minta tolong orang untuk membawanya," tegas Boy Abidin.

Selain hal tersebut, perlu diingat juga Bunda, saat ini masih dalam masa transisi new normal pandemi Corona. Tentu ini jadi pertimbangan penting juga, sebelum ibu hamil memutuskan bepergian menggunakan pesawat.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi