kehamilan

Upaya Caca Tengker Melepas Stres di 40 Hari Pertama Usai Lahiran

Asri Ediyati Selasa, 23 Apr 2019 14:02 WIB
Upaya Caca Tengker Melepas Stres di 40 Hari Pertama Usai Lahiran
Jakarta - Sebagian besar masyarakat Indonesia masih percaya dengan tradisi turun-temurun. Mulai dari pernikahan, hamil, hingga usai melahirkan. Sama halnya dengan Caca Tengker. Adik Nagita Slavina itu mengaku masih menganut tradisi Jawa usai melahirkan.

Dikatakan Caca, ia dan bayinya tinggal di rumah selama 40 hari tanpa keluar. Terbiasa dengan jam terbang yang tinggi, Caca mengaku sempat stres bila tak melakukan hal-hal yang disukainya. Caca pun memiliki trik supaya terlepas dari stres.

"Kan biasanya orang Jawa, 40 hari setelah melahirkan enggak boleh ke mana-mana dahulu. Kan pastinya stres, tapi berhubung suka belanja jadi keberadaan situs belanja online membantu banget. Pokoknya kalau belanja online berkurang stresnya," tuturnya.


Diakui Caca, ia adalah tipe ibu yang ambisius. Caca selalu menyediakan kebutuhan anaknya. Ia pun sering 'gercep' (cepat) mencari barang-barang di situs belanja online.

Upaya Caca Tengker Melepas Stres di 40 Hari Pertama Usai LahiranFoto: Instagram
"Belanja online waktu itu (dalam 40 hari) penting banget. Karena buat aku yang suka belanja walau enggak keluar rumah kan tetap ada belanjaannya. Intinya ya belanja. Selain itu, datangnya paket-paket yang dipesan itu membuat kesenangan tersendiri bagi aku," kata Caca.

Enggak cuma waktu 40 hari saja, Caca sampai sekarang masih belanja, sambil urus anak, suami, semuanya.

Untuk memastikan semuanya berjalan sesuai kemauan aku, yang beli barang juga aku. Misalnya kalau bukan aku yang beli dan salah beli, 'Duh, kenapa pilih ini sih?' Kalau menukar barang kan malas juga. Belanja online kayaknya semuanya beres saja," ujar Caca.

Hmm, sepertinya bisa disimpulkan salah satu me time Caca Tengker yaitu dengan belanja online ya, Bun. Saat menjadi ibu baru, banyak perubahan yang terjadi seperti perubahan fisik, emosional, dan psikologis. Jika tidak kuat dengan perubahan yang terjadi, takutnya jadi stres. Kalau stres tidak diatasi, dapat berubah jadi baby blues yang berakhir jadi depresi pasca melahirkan.

Kata psikolog anak dan remaja, Monica Sulistiawati, sebelum terlambat, kita harus segera menyadarinya ya. Bunda bisa membahagiakan diri sendiri dengan me time atau rehat sejenak dari rutinitas. Lalu, kapan sih waktu tepat Bunda untuk me time?

"Me time bisa dilakukan hanya dalam waktu 10 - 15 menit, yang penting ibu sudah bisa berpikir positif dan siap bertemu dengan anak kembali. Tapi, kalau setiap hari pergi dan anak ditinggal tanpa diurus siapapun, itu namanya bukan me time ya. Itu artinya ibu mengabaikan anak, " tutur Monica.

Saat mau me time, diskusikan dengan pasangan dan keluarga lain yang bisa kita minta bantuan menjaga anak. Jangan lupa juga untuk selalu menanyakan keadaan anak meskipun sedang me time.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi