kehamilan

4 Langkah Mudah Mencegah Stretch Mark Selama Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 24 Jun 2019 15:30 WIB
4 Langkah Mudah Mencegah Stretch Mark Selama Hamil
Jakarta - Kemunculan stretch mark jadi musuh tersendiri bagi ibu hamil. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, perut pun pasti ikut membesar. Nah, biasanya akan dibarengi dengan kemunculan garis-garis putih di sekitar perut dan paha yang biasa disebut stretch mark.

Rasanya sudah pasti gatal bercampur perih nih, Bun. Kalau dibiarkan maka lama-kelamaan akan mengganggu kenyamanan Bunda selama hamil.

Menghindarinya mungkin agak sulit dilakukan ya, Bun. Tetapi, Bunda dapat meminimalisir kehadiran stretch mark dengan beberapa perawatan yang mudah dilakukan.


Menurut penjelasan Rachel Nazarian, MD, assistant clinical professor di Mount Sinai Hospital Department of Dermatology, kehadiran stretch mark merupakan perubahan kecantikan yang signifikan terjadi selama kehamilan.

"Stretch mark diperkirakan disebabkan adanya ekspansi kulit yang cepat seperti penambahan berat badan selama kehamilan atau masa pubertas, dan kerusakan pada jaringan ikat dan kolagen yang ditemukan jauh di bawah kulit,"katanya dikutip dari laman RD.

Lebih lanjut Nazarian menjelaskan bahwa beberapa orang secara genetis memang cenderung mengalami risiko tersebut, dan kehadiran stetch mark ini memang sulit dihindari.

Tetapi, jangan dulu berkecil hati dengan ancaman tersebut ya, Bun. Sebab, ada beberapa cara yang dapat membantu meminimalkan Bunda mengalami stretch mark. Pertama, pastikan keadaan kulit selalu lembab terutama selama masa kehamilan, dimana penambahan dan penurunan berat badan terjadi begitu cepat.

4 Langkah Mundah Mencegah Stretch Mark Selama HamilMencegah stretch mark saat hamil/ Foto: ilustrasi/thinkstock

Selain itu, penting bagi Bunda untuk selalu mengontrol kenaikan berat badan. Salah satu langkah paling efektif mencegah stretch mark adalah dengan mempertahankan berat badan yang sehat. Perlu Bunda tahu bahwa kehadiran stretch mark bisa saja terjadi ketika, kulit merenggang dengan cepat karena kenaikan berat badan yang cepat termasuk selama kehamilan. Untuk itu, pastikan berat badan Bunda selalu terpantau dengan baik.

Langkah ketiga yakni membuat tubuh tetap terhidrasi. Minum air yang cukup tentunya dapat membantu menjaga kulit Bunda tetap terhidrasi dan lembut. Serta, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dimana dapat meningkatkan kesehatan kulit, seperti dijelaskan sebuah ulasan di Health Line.

Tak kalah penting, langkah keempat yaitu memasukkan makanan yang mengandung vitamin C dalam asupan harian. Dengan terpenuhinya vitamin C bagi tubuh, maka kolagen dapat berperan maksimal dalam menjaga kulit tetap elastis dan mengurangi munculnya stretch mark.

Semoga membantu ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi