sign up SIGN UP search


kehamilan

Cara Mengatasi Perut Gatal Selama Kehamilan

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 07 May 2019 14:04 WIB
Perut gatal selama kehamilan bisa meninggalkan bekas pada perut. Intip cara mengatasinya yuk, Bun, biar enggak garuk-garuk terus. caption
Jakarta - Perut gatal selama kehamilan susah dihindari ya, Bun. Setiap saat rasanya ingin sekali menggaruk sepuasnya. Tapi, menggaruk perut dapat meninggal bekas yang membuat tampilan perut jadi tidak indah.

Rasa gatal pada perut yang semakin membesar adalah akibat kulit yang mengembang, Bun. Wajar kalau kemudian menimbulkan rasa gatal hingga perih.


Dokter kulit di Los Angeles, Dr Jessica Wu mengatakan bahwa saat janin terus tumbuh, kulit Bunda semakin meregang. Itulah yang kemudian menggelitik rasa gatal di bagian perut dan sekitarnya.


"Peregangan tersebut membuat ujung saraf di bawah kulit menjadi iritasi atau menggelitik sehingga menyebabkan rasa gatal yang tidak nyaman. Dan, ketika kulit Bunda meregang pada saat itu pula kulit menipis sehingga dapat menghilangkan kelembaban dan memperburuk rasa gatal yang timbul," katanya, dikutip dari What to Expect.

Cara Mengatasi Perut Gatal Selama KehamilanPerut gatal saat hamil/ Foto: Istock

Menurut Wu, rasa gatal biasanya lebih sering terjadi pada tahap akhir kehamilan. Sebagian ibu hamil biasanya akan merasakan gatal di bulan kelima atau keenam, ketika perut semakin membuncit dan pertumbuhan bayi di perut semakin pesat.

Ketika rasa gatal tersebut menyerang, Wu menyarankan untuk tidak menggaruknya karena berisiko merusak kulit dan mendatangkan infeksi.

"Saya merekomendasikan agar Bunda menjaga kulit tetap lembab dengan memijat menggunakan cocoa butter atau almond oil sehingga kulit pun tetap lembab dan membantu mencegah stretch mark,"tambahnya.

Melansir Very Well Family, cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal selama kehamilan yakni membuat kulit Bunda menjadi kering. Biasanya salah satu penyebabnya ialah karena paparan air panas saat mandi yang dapat membuat kulit menjadi kering. Untuk itu, pastikan Bunda mempertimbangkan untuk tidak menggunakan air terlalu panas saat mandi dan senantiasa menggunakan pelembab untuk menjaga kulit tetap lembab.


Jika gatal di kulit yang muncul semakin parah atau disertai dengan ruam, ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan bidan atau dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Serta, pastikan untuk selalu mengkonsultasikan pada dokter sebelum Bunda menggunakan krim atau obat apa pun untuk mengurangi rasa gatal selama kehamilan.

Tetap semangat dan sehat selalu sampai persalinan ya, Bun!

Bunda, jangan lewatkan juga yuk, cerita Poppy Sovia mengenai kehamilan pertamanya!

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi