kehamilan

Keputihan Bisa Jadi Tanda Bunda Hamil Satu Bulan?

Melly Febrida Sabtu, 20 Jul 2019 11:34 WIB
Keputihan Bisa Jadi Tanda Bunda Hamil Satu Bulan?
Jakarta - Tanda-tanda hamil tiap wanita bisa berbeda-beda. Memang, umumnya tanda kehamilan diawali dengan terlambatnya haid, sering buang air kecil, hingga payudara yang terasa lembut dan sakit.

Selain tanda kehamilan tersebut, ada beberapa petunjuk alternatif bahwa tubuh Bunda mungkin hanya memberi tahu indikasi bahwa Bunda sedang hamil.




Debra Rose Wilson PhD, MSN, RN, IBCLC, AHN-BC, CHT, seorang praktisi holistic healthcare mengatakan keluarnya lendir seperti keputihan juga bisa muncul sejak bulan pertama kehamilan.

"Banyak wanita yang mengalami keputihan, itu tidak sering dikaitkan dengan kehamilan. Tetapi kebanyakan wanita hamil akan mengeluarkan lendir yang lengket, putih, atau kuning pucat sejak awal trimester pertama dan sepanjang kehamilan mereka," kata Wilson mengutip Health Line.

Menurut Wilson, meningkatnya hormon dan aliran darah di vagina yang menyebabkan keluarnya cairan. Peningkatan tersebut untuk mencegah infeksi saat serviks dan dinding vagina melunak. Namun, apabila cairan tersebut menunjukkan tanda-tanda seperti di bawah ini, segera kunjungi dokter ya, Bun.

1. Cairan berbau
2. Vagina seperti terasa terbakar
3. Gatal
4. Cairan vagina berubah menjadi kuning kehijauan
5. Cairan vagina jadi sangat tebal atau berair

Ilustrasi keputihan bisa jadi tanda hamil Ilustrasi keputihan bisa jadi tanda hamil / Foto: iStock
"Ini bisa jadi tanda-tanda infeksi," kata Wilson.

Beberapa waktu lalu, dr.Finekri Abidin SpOG(K) dari RS YPK Mandiri, mengatakan bahwa lumrah jika ibu hamil memproduksi cairan berlebih, termasuk di organ reproduksi.

"Jika keputihannya nggak gatal, berbau, itu hal yang normal. Atau bisa dibilang selama nggak ada infeksi ya nggak masalah," ujar pria yang akrab disapa Finek ini.



Keputihan, baik saat hamil atau nggak, bisa disebabkan infeksi jamur atau bakteri. Biasanya, keputihan akibat infeksi jamur akan menimbulkan keluhan gatal. Sementara itu, lanjut Finek, keputihan akibat infeksi bakteri biasanya berbau dan warnanya agak hijau kekuningan.

Bicara soal keputihan, apa benar timun bisa jadi penyebabnya? Kupas mitosnya di video berikut yuk, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi