kehamilan

Kisah Alanis Morisette, Melahirkan di Rumah Ketika Usia 45 Tahun

Annisa Karnesyia Selasa, 13 Aug 2019 17:02 WIB
Kisah Alanis Morisette, Melahirkan di Rumah Ketika Usia 45 Tahun
Jakarta - Alanis Morissette mengumumkan kelahiran anak ketiganya. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu lahir pada 8 Agustus 2019 dan diberi nama Winter Mercy Morissette-Treadway.

Morissette mengumumkan kelahiran sang putra di akun Instagram miliknya, Bun. Dengan foto hitam putih, Winter tampak imut dibalut selimut.

"Dia di sini. winter Mercy Morissette-Treadway #8/8/19," tulis wanita 45 tahun ini.

[Gambas:Instagram]

Sebelumnya, Morissette dan suaminya, Mario Treadway telah dikaruniai dua anak, Ever Imre (8,5) dan Onyx Solace (3). Kelahiran Winter menjadi kali ketiga penyanyi berusia 45 tahun itu melahirkan di rumah.


Melahirkan di rumah menjadi pilihannya dan suami. Pada kelahiran anak pertamanya, Morissette mengaku senang bisa melahirkan di rumah.

"Saya pikir orang harus tahu jika kita bisa melahirkan di rumah dan untuk kasusku, tidak ada penyesalan dan akan melakukannya lagi meski ini pengalaman yang tidak mudah di hidupku," kata Morissette, dikutip Today beberapa tahun lalu.

Morissette juga mengaku mendapat dukungan langsung dari sang suami selama proses melahirkan. Pelantun lagu Ironic ini juga dibantu bidan dan doula.

"Suamiku selalu berada di sampingku sepanjang waktu, benar-benar pahlawan," paparnya.

Alanis Morissette saat hamil anak ketigaAlanis Morissette saat hamil anak ketiga/ Foto: Instagram @selfmagazine

Morissette memang tidak pernah membayangkan untuk melahirkan di rumah sakit. Baginya, rumah sudah seperti tempat berlindung. Sekarang ini, melahirkan di rumah sudah bukan hal aneh lagi. Meski beberapa orang masih salah kaprah soal prosesnya.

Mengutip Parents, alasan memilih rumah sebagai tempat melahirkan biasanya karena tingkat intervensi yang rendah, perawatan holistik, dan lebih bersifat pribadi.

Meski melahirkan di rumah, Bunda harus menyiapkan segalanya dengan baik ya. Seperti bidan yang berpengalaman dengan peralatan yang lengkap.

"Bidan bersertifikat yang membantu melahirkan di rumah harus memiliki standar untuk keadaan darurat. Mereka harus membawa peralatan persalinan dan memberikan perawatan pada bayi baru lahir," kata Marinah Farrell, bidan bersertifikat di Arizona.

Kita juga harus siap menjalani masa postpartum yang berbeda, Bun. Farrell mengatakan kalau bidan akan sering mengunjungi Bunda setelah melahirkan untuk mengecek keadaan.

"Bidan akan kembali tiga sampai empat kali ke rumah di minggu awal setelah ibu melahirkan. Tujuannya untuk prosesĀ penyembuhan luka dan membantu transisi wanita menjadi ibu," ujar Ferrell.

Setelah melahirkan, jangan lupa untuk lakukan perawatan ya, Bun. Simak tips perawatan diri setelah melahirkan di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi