kehamilan

4 Ciri Hamil setelah Berhubungan Seks di Masa Ovulasi

Siti Hafadzoh Jumat, 29 Nov 2019 11:24 WIB
4 Ciri Hamil setelah Berhubungan Seks di Masa Ovulasi 4 Ciri Hamil setelah Berhubungan Seks di Masa Ovulasi/ Foto: iStock
Jakarta - Berhubungan seks ketika masa ovulasi memang bisa memperbesar kemungkinan untuk hamil. Tapi, apakah tanda-tanda kehamilannya sudah bisa dideteksi setelah berhubungan seks?

Kita bahas tentang ovulasinya dulu ya, Bun. Ovulasi terjadi ketika sel telur dilepaskan dari ovarium ke tuba falopi. Sel telur akan ada di tuba falopi sampai sekitar 24 jam.




Karena sel telur hanya bertahan selama 24 jam setelah ovulasi, sel telur harus segera bertemu sperma agar terjadi kehamilan. Menurut seorang nursing educator, Deborah Weatherspoon, PhD, RN, CRNA, sperma masih bisa membuahi sel telur selama 3-5 hari setelah berhubungan seks.

"Jika seseorang dengan siklus haid pendek melakukan hubungan seksual tepat setelah haid dan terjadi ovulasi dini, mereka dapat berovulasi cukup cepat sehingga telur dapat bertemu sperma," kata Weatherspoon dikutip dari Medical News Today.

Setelah berhubungan seks dan terjadi pembuahan, implantasi 5 hari setelah ovulasi atau days past ovulation (DPO) bisa saja terjadi. Beberapa orang mengalami pendarahan implantasi sekitar 7-12 hari setelah sperma membuahi sel telur.

Ketika sel telur berhasil dibuahi, artinya akan segera ada janin di rahim Bunda. Nah, mengutip Flo, berikut ciri kehamilan setelah berhubungan seks di masa ovulasi. Tapi, perlu diingat ya, ciri kehamilan ini tidak semuanya dialami oleh ibu hamil.

1. Kram

Bunda mungkin akan merasakan kram ringan di panggul, punggung bawah, atau perut. Kram ini merupakan akibat lain dari implantasi. Kram rahim adalah reaksi tubuh terhadap implantasi sel telur yang dibuahi, yang merupakan benda asing bagi tubuh Bunda.

2. Mual

Beberapa calon ibu menghadapi morning sickness di trimester awal. Tapi, sebagian besar tidak mengalami mual selama beberapa minggu kehamilannya.

4 Ciri Hamil setelah Berhubungan Seks di Masa OvulasiIlustrasi tes kehamilan/ Foto: iStock

3. Perubahan mood

Selama hamil, tubuh dipenuhi hormon kehamilan. Bunda mungkin merasa emosional atau moody. Selama minggu pertama hamil, wanita merasakan naik turun hormon yang sangat hebat. Jadi, mungkin saja mood juga akan cepat berubah.

4. Mengidam makanan

Punya keinginan besar untuk makan makanan tertentu bisa jadi salah satu tanda awal kehamilan. Ini adalah hal yang wajar.

Melakukan tes kehamilan dengan test pack tidak akan efektif di hari kelima setelah implantasi. Hasil dari tes kehamilan akan negatif karena hCG di tubuh Bunda belum cukup tinggi sehingga tidak terdeteksi.

Namun, itu bukan berarti Bunda tidak hamil ya. Bunda bisa menunggu beberapa minggu untuk mendapatkan hasil tes yang akurat.


Bunda, simak cerita tentang dr Reisa Brotoasmoro yang pernah mengalami keguguran dalam video berikut ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi