kehamilan

Penyebab Miss V Terasa Kering Usai Melahirkan

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 01 Dec 2019 18:20 WIB
Penyebab Miss V Terasa Kering Usai Melahirkan
Jakarta - Proses melahirkan membawa sejumlah perubahan pada tubuh wanita. Termasuk salah satunya, kondisi miss v yang terasa lebih kering dari sebelumnya.

Melansir dariĀ Self, hal tersebut merupakan kondisi normal yang terjadi pada ibu pasca melahirkan. Hal ini tidaklah perlu dikhawatirkan berlebihan, Bun. Sebab, miss v kering yang Bunda rasakan hanya bersifat sementara.


Saat Bunda hamil, peningkatan kadar hormon tertentu termasuk estrogen mengalir melalui tubuh. Kemudian, setelah melahirkan, estrogen pun turun sehingga menyebabkan kekeringan.


"Estrogen diketahui membantu menjaga jaringan vagina tetap lembab dengan cairan pelumas bening. Karenanya, tanpa estrogen yang cukup, Bunda pun tidak hanya akan memiliki tingkat kelembaban yang sama tetapi juga jaringan vagina akan dapat menyusut dan menjadi lebih tipis. Hal inilah yang kemudian membuat vagina jadi terasa lebih kering setelah persalinan,"ujar Jessica Shepherd, MD, ginekolog dari Baylor University Medical Center di Dallas.

Penyebab Miss V Terasa Kering Usai MelahirkanMiss v kering setelah melahirkan/Foto: iStock

Permasalahan miss v yang terasa kering umum dirasakan para ibu usai melahirkan. Terutama ibu yang menyusui. Saat menyusui, tubuh memang akan lebih sedikit memproduksi hormon estrogen dimana hal ini dapat menyebabkan jaringan di vagina lebih tipis dan lebih kering dari biasanya, seperti dikutip dari laman Parents.

Tetapi, Bunda tidak perlu khawatir karena usai masa menyusui berakhir, semuanya akan kembali normal. Jadi, Bunda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini secara berlebihan. Selama menyusui, Bunda yang merasa kurang nyaman dengan kondisi tersebut dapat mengkonsultasikanĀ kepada dokter ya, Bun. Atau, Bunda dapat memanfaatkan pelumas vagina berbahan dasar air untuk memberikan kenyamanan sementara waktu.

Semoga membantu, Bun! Klik juga banner di bawah ini yuk.

Penyebab Miss V Terasa Kering Usai Melahirkan


Simak video berikut tentang cerita Kartika Putri melahirkan di rumah.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi